Afiqoh, Afiqoh (2023) Penguatan Toleransi Beragama Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
5221047 - Cover_Bab I_Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
5221047 - Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Toleransi merupakan sikap saling menghargai satu sama lain, tentunya ketika dalam konteks kehidupan beragama maka toleransi bermakna sikap saling menghargai antar sesama umat beragama. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan adalah membangun rasa toleransi khususnya di kalangan pelajar yang sedang giat-giatnya menggali ilmu, Maka perlu yang namanya penguatan pendidikan tentang nilai-nilai toleransi beragama melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang diharapkan siswa bisa saling menghargai dan menghormati perbedaan keyakinan yang ada di sekitarnya. Melalui pendidikan agama Islam diharapkan dapat menguatkan nilai toleransi yang nantinya ikut berperan dalam mengantisipasi konflik keagamaan dan menuju perdamayan abadi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan penguatan toleransi beragama melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Pekalongan? (2) Apa saja hambatan dan dukungan dalam penguatan toleransi beragama melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Pekalongan? (3) Apa implikasi dalam penguatan toleransi beragama melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Pekalongan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan toleransi beragama melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Pekalongan secara umum telah dilakukan secara optimal. Dalam pelaksanaannya melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, kegiatan belajar mengajar, ekstrakulikuler dan sosialisasi Bersama wali murid. Implikasi dari toleransi beragama melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pekalongan yakni dengan meningkatkan semangat bekerjasama dan bergotong royong tanpa memandang status agama, bahkan status sosial seseorang. tidak membeda-bedakan siswa, menghargai perbedaan dan saling menghormati antar sesama, tolong-menolong dan hidup berdampingan, memberikan kesempatan beribadah sesuai agama masing-masing, serta menumbuhkan sikap saling kerjasama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penguatan Toleransi Beragama, Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2023 02:48 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Dec 2023 02:48 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5763 |
Actions (login required)
View Item |