Afrizal, M (2023) Implementasi pojok baca sebagai sarana menumbuhkan minat baca siswa kelas IV di MISS Proto 02 Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text (Thesis)
2318219 M. AFRIZAL BAB I-V.pdf Download (2MB) |
|
Text (Thesis)
2318219 M. AFRIZAL FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian di latarbelakangi bahwa Di MISS Proto 02 Kedungwuni Pekalongan adalah salah satu sekolah yang mempunyai pojok baca. Ada beberapa guru yang mengamati siswa dan ada beberapa siswa yang menghabiskan waktunya untuk membaca pada waktu istirahat dan saat guru tidak masuk saat jam pelajaran. bisa dikatakan pojok baca di MISS Proto 02 diminati siswa-siswi dan berjalan dengan bagus. Sehingga peneliti tertarik meneliti tentang progam pojok baca di MISS Proto 02. Penelitian ini mempunyai Rumusan Masalah yakni, Bagaimana implementasi pojok baca sebagai sarana menumbuhkan minat baca siswa kelas IV di MISs Proto 02 Kedungwuni Pekalongan?. Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pojok baca sebagai sarana menumbuhkan minat baca siswa kelas IV di MISs Proto 02 Kedungwuni Pekalongan?. Dan penelitian ini memiliki tujuan Mendeskripsikan implementasi pojok baca sebagai sarana menumbuhkan minat baca siswa kelas IV di MISs Proto 02 Kedungwuni Pekalongan. Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pojok baca sebagai sarana menumbuhkan minat baca siswa kelas IV di MISs Proto 02 Kedungwuni Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Sedangkan metode pengumpulan datanya melalui metode observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Implementasi Pojok Baca yaitu: a) Perencanan, membentuk tim pojok baca siswa dan menunjuk pembimbing. b) Pelaksanaan, yakni pada saat jam pelajaran bahasa Indonesia dan pada ssat jam istirahat kedua. c) Evaluasi, dengan dua cara yakni evaluasi melalui guru pembimbing dan evaluasi berdasarkan catatan siswa. 2) Faktor pendukung dan penghambat, a) Faktor pendukung, terdapat tiga faktor yaitu sarana dan prasarana, siswa yang tertib, dan buku bacaan yang sesuai. b) Faktor penghambat yaitu waktu yang terbatas dan jumlah buku yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pojok baca, minat baca | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 04 Dec 2023 07:53 | ||||||||
Last Modified: | 04 Dec 2023 07:53 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5806 |
Actions (login required)
View Item |