Solina, Alfa (2023) Upaya guru dalam mengoptimalkan pemanfaatan media alam sekitar pada pembelajaran tematik di SD Alam Ma’had Islam Krapyak Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text (Thesis)
2319082 ALFA SOLINA BAB I-V.pdf Download (11MB) |
|
Text (Thesis)
2319082 ALFA SOLINA FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Pembelajaran yang membutuhkan kreativitas seorang guru dalam memilih dan menciptakan model pembelajaran yang menekankan pada aktivitas dan kreativitas terkhusus pada pemilihan media dan strategi yang menyenangkan dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru. Rumusan permasalahan yaitu: “(1) Bagaimana upaya guru dalam mengoptimalkan pemanfaatan media alam sekitar pada pembelajaran Tematik di SD Alam Ma’had Islam Krapyak Pekalongan? (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pemanfaatan media alam sekitar pada pembelajaran Tematik di SD Alam Ma’had Islam Krapyak Pekalongan?”. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui upaya guru dalam mengoptimalkan pemanfaatan media alam sekitar pada pembelajaran Tematik di SD Alam Ma‟had Islam Krapyak Pekalongan. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pemanfaatan media alam sekitar pada pembelajaran Tematik di SD Alam Ma‟had Islam Krapyak Pekalongan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat beberapa upaya guru dalam mengoptimalkan pemanfaatan media alam sekitar pada pembelajaran tematik pada kelas di SD Alam Ma’had Islam Krapyak Pekalongan, diantaranya menjadikan alam sebagai salah satu media pembelajaran serta jenis medianya, optimalisasi lingkungan belajar siswa di luar kelas, keterlibatan seluruh siswa dalam proses kegiatan pembelajaran di alam sekitar, dan perencanaan administratif sebagai alat bantu guna membantu proses pembelajaran. 2) Faktor pendukung dari pemanfaatan media alam sekitar pada pembelajaran tematik pada kelas di SD Alam Ma’had Islam Krapyak Pekalongan diantaranya alat dan bahan yang mudah dicari, gratis, dan lokasi dekat dengan alam, siswa lebih antusias, ketersediaan tempat dan lingkungan yang mendukung, dan menumbuhkan kreativitas siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya guru, pemanfaatan media alam, media alam sekitar, dan pembelajaran tematik | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 04 Dec 2023 08:37 | ||||||||
Last Modified: | 04 Dec 2023 08:37 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5821 |
Actions (login required)
View Item |