Upaya mensyiarkan akhlak Rasulullah melalui ekstrakurikuler rebana (dengan kitab Al-Barzanji) di Madrasah Aliyah Negeri Batang

Efendi, Ari (2019) Upaya mensyiarkan akhlak Rasulullah melalui ekstrakurikuler rebana (dengan kitab Al-Barzanji) di Madrasah Aliyah Negeri Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Misi kerasulan Nabi Muhammad SAW yang utama adalah untuk menyempurnakan akhlak, mengingat pada generasi sekarang ini yang semakin jauh dari nilai-nilai akhlak khususnya di lingkup pendidikan, oleh sebab itu perlunya penyampainan atau ajakan dalam membina akhlak pada peserta didik. Salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler rebana yang mengandung unsur pendidikan akhlak dalam kegiatannya, berisi sholawat, maulid albarzanji, dan pemberian materi keagamaan, sehingga diharapkan peserta didik tertanam jiwa yang berakhlakul karimah. Dari latar belakang tersebut, maka rumusan masalah adalah bagaimana Upaya Mensyiarkan Akhlak Rasulullah melalui Ekstrakurikuler Rebana (dengan Kitab Al-Barzanji) di Madrasah Aliyah Negeri Batang, faktor pendukung dan penghambat dalam Upaya Mensyiarkan Akhlak Rasulullah melalui Ekstrakurikuler Rebana (dengan Kitab Al-Barzanji) di Madrasah Aliyah Negeri Batang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan terdiri atas tiga alur yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa upaya mensyiarkan Akhlak Rasulullah melalui ekstrakurikuler rebana (dengan kitab Al-Barzanji) di Madrasah Aliyah Negeri Batang yakni melalui kegiatan rutinan yang di dalam kegiatan tersebut terdapat serangkaian acara diawali dengan bebrapa sholawat, dilanjutkan dengan membaca maulid albarzanji dan terakhir materi dari pembina ekstrakurikuler mengenai akhlak Rasulullah saw. Nilai-nilai akhlak yang terdapat dalam kegiatan ekstrakurikuler rebana antara lain rajin, sopan santun, disiplin, kekeluargaan, kerjasama, musyawarah, dan menjaga tali silaturahmi. Tujuan dari ekstrakurikuler rebana sebagai wadah pembinaan akhlak siswa, memberikan ilmu pengetahuan tentang akhlak, pembentukan karakter, sarana untuk dakwah atau syiar, yang diharapkan tertanam jiwa berakhlakul karimah dan menambah rasa mahabbah kepada Rasulillah saw. Adapun faktor pendukung: tersedianya sarana dan prasarana, adanya semangat dan motivasi pada diri siswa, serta dukungan moril maupun spiritual dari pihak sekolah maupun masyarakat diluar sekolah. sedangkan faktor penghambatnya: jumlah siswa yang hadir tidak menentu, pembina yang tidak hadir dalam kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam - akhlak Rasulullah, ekstrakurikuler rebana
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 28 May 2020 04:38
Last Modified: 12 Jun 2020 05:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/585

Actions (login required)

View Item View Item