Aprilliyani, Maudiyah (2023) Penggunaan media pembelajaran sempoa pada pelajaran matematika kelas 1 SD Negeri 08 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text (Thesis)
2318161 MAUDIYAH APRILLIYANI BAB I-V LAMP.pdf Download (1MB) |
|
Text (Thesis)
2318161 MAUDIYAH APRILLIYANI FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Beberapa kendala kadang ditemui guru dalam menyampaikan materi pembelajaran matematika kepada siswa. Pembelajaran tanpa menggunakan media anak menjadi jenuh kurang tertarik. Oleh karena itu diperlukan media dan cara yang lebih mengena untuk menyajikan pelajaran agar anak lebih bersemangat, tertarik dan mempunyai motivasi yang tinggi dalam belajar. Media merupakan komponen penting dalam pembelajaran karena dapat membantu guru dalam penyampaian materi pelajaran. Guru perlu memvariasi media yang sesuai dan cocok dengan materi. Media yang dimaksud agar mampu meningkatkan hasil belajar sehingga lebih berkesan dan bermakna lebih lama pada siswa. Rumusan masalah penelitian ini ialah bagaimana penggunaan media pembelajaran sempoa pada pelajaran matematika kelas 1 SD Negeri 08 Kedungwuni ? apa kelebihan dan kekurangan penggunaan media pembelajaran sempoa pada pelajaran matematika kelas 1 SD Negeri 08 Kedungwuni ? jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, adalah suatu pendekatan dalam melakukan penelitian yang beroriantasi pada gejala-gejala yang bersifat alamiah karena orientasinya demikian, maka sifatnya naturalistic dan mendasar atau bersifat kealamiahan serta tidak bisa dilakukan di laboratorium melainkan harus terjun di lapangan. Teknik pengunpulan data meliputi teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis datanya menggunakan model analisis Miles and Huberman. Dari hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa implementasi penggunaan media sempoa dalam pembelajaran matematika pada kelas 1 SD Negeri 08 Kedungwuni bisa dikatakan sudah sesuai dengan metode yang diterapkan. Hal ini terlihat pada saat pembelajaran berlangsung dimana peserta didik sudah mampu mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan oleh guru dan memperoleh nilai sesuai dengan KKM yang ditentukn. Media sempoa mempunyai kelebihan diantaranya mudah didapat, harga yang terjangkau, awet dan mudah digunakan. Adapun kekurangnya ialah pada penggunaan bilangan yang besar cukup sulit dan membutuhkan alokasi waktu yang lebih lama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | media sempoa, pembelajaran matematika, kelas 1 | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 05 Dec 2023 05:57 | ||||||||
Last Modified: | 05 Dec 2023 05:57 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5859 |
Actions (login required)
View Item |