Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Teorema Pythagoras Di Mts Salafiyah Al Muttaqin

Dewi, Rafika Saraswati (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Teorema Pythagoras Di Mts Salafiyah Al Muttaqin. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2617031_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2617031_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kurikulum pendidikan pada abad 21 ini mendorong peserta didik untuk mampu meningkatkan skill dalam menghadapi tantangan global, seperti berpikir kritis, komunikasi yang efektif, lebih inovatif serta mengembangkan kemampuannya dalam memecahkan masalah, inovasi, kolaborasi serta literasi teknologi. Penggunaan LKPD dinilai mampu mendorong peserta didik lebih aktif. Di sisi lain, penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dinilai mampu menghasilkan peserta didik dengan pemahaman konsep dan kemampuan mengkomunikasikan sesuatu lebih baik. Rumusan masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini: 1) Bagaimana hasil validasi oleh validator dan guru matematika terkait LKPD berbasis model pembelajaran CPS pada materi Teorema Pythagoras di MTs Salafiyah Al Muttaqin, dan 2) Adakah pengaruh penggunaan LKPD pada model pembelajaran CPS terhadap hasil matematika peserta didik. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengevaluasi hasil validasi LKPD berbasis model pembelajaran CPS pada materi Teorema Pythagoras di MTs Salafiyah Al Muttaqin oleh validator dan guru matematika. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran terkait pengembangan LKPD berbasis model pembelajaran CPS di jenjang SMP/MTs, dan menjadi bahan ajar yang membantu proses pembelajaran agar peserta didik tidak jenuh dengan proses pembelajaran yang monoton. Hasil uji N-Gain menunjukkan kelas 8B (kelas eksperimen) mendapatkan rata-rata skor 57,1626 atau 57,2%, masuk ke dalam kategori cukup efektif. Sementara pada kelas 8A (kelas kontrol) mendapatkan rata-rata skor 41,116 atau 41% yang termasuk kategori kurang efektif. Dengan demikian, penggunaan LKPD berbasis model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD, Creative Problem Solving (CPS), Hasil Belajar Matematika
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 12 Dec 2023 06:19
Last Modified: 30 Jan 2024 05:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6069

Actions (login required)

View Item View Item