Pengaruh Public Figure, Keberadaan Sosial Media, dan Pemahaman Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi di Pasar Modal Syariah (Study kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)

Aisyah, Dewi (2023) Pengaruh Public Figure, Keberadaan Sosial Media, dan Pemahaman Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi di Pasar Modal Syariah (Study kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2013216040_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2013216040_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Banyak yang bisa didapatkan dari berselancar di sosial media. Public figure atau celebrity endorsement juga ramai menjadi perbincangan di sosial media, termasuk mereka yang gemar berbagi kisah tentang pengalamannya berinvestasi di pasar modal. Hal ini tentu saja membuat generasi muda-mudi memiliki rasa penasaran hingga menjadikan public figure dan sosial media sebagai pandangan mereka untuk berinvestasi. Namun tidak semuanya yang tertarik berinvestasi di pasar modal syariah juga mampu memahami bagaimana investasi itu sendiri bekerja. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Data dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh mahasiswa/i aktif FEBI UIN Pekalongan. Teknik pengambilan sampel dengan nonprobality sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa public figure, sosial media, dan pemahaman investasi berpengaruh terhadap minat investasi mahasiswa di pasar modal syariah. Kemudian secara simultan, public figure, sosial media, dan pemahaman investasi juga berpengaruh terhadap minat investasi mahasiswa di pasar modal syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorCahyo Kurniawan, PratomoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Public Figure, Sosial Media, Pemahaman Investasi, Minat Investasi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:40
Last Modified: 11 Dec 2023 06:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6078

Actions (login required)

View Item View Item