Pengembangan Asesmen Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Inter Dan Intra Personal Pada Siswa Kelas V SDN 01 Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan

Firdaus, Muhammad Faqih. (2022) Pengembangan Asesmen Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Inter Dan Intra Personal Pada Siswa Kelas V SDN 01 Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5320005-Bab1&5.pdf

Download (15MB)
[img] Text
5320005-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penerapan pembelajaran yang menerapkan kecerdasan inter dan intra personal. Kemudian, di SDN 01 Kebonrowopucang dijumpai permasalahan asesmen pembelajaran yang belum memaksimalkan kecerdasan inter dan intra personal siswa kelas V. Oleh karenanya, dalam penelitian ini akan dikembangkan Asesmen Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Inter dan Intra Personal Pada siswa Kelas V SDN 01 Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan. Rumusan masalah penelitian ini adalah: “Bagaimana asesmen pembelajaran berbasis kecerdasan inter dan intra personal di kelas V SDN 01 Kebonrowopucang ?”, “Bagaimana pengembangan asesmen pembelajaran berbasis kecerdasan inter dan intra personal di kelas V SDN 01 Kebonrowopucang” dan “Bagaimana efektifitas instrument pembelajaran berbasis kecerdasan inter dan intra personal di kelas V SDN 01 Kebonrowopucang?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis asesmen pembelajaran berbasis kecerdasan inter dan intra personal dikelas V SDN 01 Kebonrowopucang, Kemudian mengembangkan asesmen pembelajaran berbasis kecerdasan inter dan intra personal di kelas V sdn 01 Kebonrowopucang, serta menganalisis efektifitas intrumen pembelajaran berbasis kecerdasan inter dan intra personal di kelas V SDN 01 Kebonrowopucang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Responden penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SDN 01 Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, tes tulis, dan angket. Teknik analisis data meliputi analisis butir angket kebutuhan guru dan siswa; uji validitas produk oleh ahli asesmen, ahli materi, dan ahli bahasa; serta uji efektivitas produk dengan rumus N-Gain Score. Dari analisis butir angket kebutuhan guru dan siswa, diketahui bahwa guru dan siswa membutuhkan pengembangan asesmen pembelajaran berbasis kecerdasan inter dan intra personal. Persentase skor uji validitas produk oleh ahli asesmen sebesar 94%, ahli materi 95%, dan ahli bahasa 96.6%, sehingga ditarik kesimpulan bahwa asesmen pembelajaran berbasis kecerdasan inter dan intra personal yang dikembangkan bernilai valid dengan kategori sangat baik. Dari uji efektivitas produk,didapatkan N-Gain Score sebesar 0.80 atau ≥ 0.7 yang artinya termasuk dalam kriteria efektivitas tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMahmudah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Asesmen Pembelajaran, Kecerdasan Inter dan Intra Personal
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 15 Dec 2023 09:16
Last Modified: 15 Dec 2023 09:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6192

Actions (login required)

View Item View Item