Kasi, Moh (2023) Strategi Pendidikan Karakter Religius Melalui Tadarus Al-Qur’an di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang. Masters thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
522036-Bab1&7.pdf Download (3MB) |
|
Text
522036-Fulltext.pdf Download (5MB) |
Abstract
Moh. Kasi, NIM. 5220036. 2023. Strategi Pendidikan Karakter Religius Melalui Tadarus Al-Qur’an di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang. Tesis Pascasarjana Prodi PAI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Dr. Slamet Untung, M.Ag. dan Dr. Taufiqur Rohman, M.Sy. Kata Kunci: Strategi, Pendidikan Karakter Religius, Tadarus Al-Qur’an. Strategi pendidikan karakter religius adalah merupakan hal yang harus diadakan dan dikembangkan dalam dunia pendidikan Indonesia secara keseluruhan, terlebih kegiatan tadarus al-Qur’an. Kegiatan tersebut banyak dilaksanakan di lembaga-lembaga pendidikan tidak ketinggalan di MTs Tholabuddin Masin, namun terkadang dalam praktinya masih banyak tantangan dan hambatan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengungkap bagaimana Strategi Pendidikan karakter religius melalui Tadarus al-Qur’an di MTs Tholabudddin Masin Warungasem Batang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Pendidikan karakter religius melalui tadarus al-Qur’an di MTs Tholabuddin Masin ? 2) Bagaimana strategi Pendidikan karakter religius melalui tadarus al-Qur’an di MTs Tholabudddin Masin ? 3) Bagaimana factor pendukung dan penghambat strategi Pendidikan karakter religius melalui tadarus al-Qur’an di MTs Tholabudddin Masin Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tesis ini yaitu:1) Menganalisis pendidikan karakter religius melalui tadarus al-Qur’an di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang 2) Menganalisis strategi Pendidikan karakter religius di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang 3) Menganalisis factor pendukung dan penghambat pendidikan karakter religius melalui tadarus al-Qur’an di MTs Tholabuddin Masin arungasem Batang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan, wawancara. Analisis data dilakukan dengan 4 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data,1penyajian data, dan penarikan1kesimpulan. Teknik penentuan informan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, yaitu kepala sekolah, perwakilan guru , serta perwakilan siswa . Hasil penelitian yang pertama; pendidkaan karakter religius melalui tadarus al-Quran sangat penting untuk diterapkan di MTs Tholabuddin Masin , kedua: strategi Pendidikan karakter dari tadarus al-Quran adalah edisiplinan, religius, jujur, gemar membaca dan tanggung jawab. Ketiga : Faktor-faktor pendukung kegiatan tadarus fasilitas, pengawasan tenaga pendidik, pemanfatan waktu yang maksimal Adapun factor penghambatnya adalah kurang maksimal dalam pemanfatan waktu, dan kurangnya pengawasan
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | trategi, Pendidikan Karakter Religius, Tadarus Al-Qur’an. | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Dec 2023 01:42 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Dec 2023 01:42 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6216 |
Actions (login required)
View Item |