Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic Berbasis Aplikasi Construct 2 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Kelas VII MTsN 1 Pekalongan

Nisa’, Zuhrotun (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic Berbasis Aplikasi Construct 2 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Kelas VII MTsN 1 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619027_ZUHROTUN NISA'_COVER-BABI-BAB V-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2619027_ZUHROTUN NISA'_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini akan dilakukan di MTsN 1 Pekalongan sebagai lokasi penelitian. Pemilihan sekolah ini didasarkan pada konteks yang relevan dengan tujuan penelitian serta adanya kebutuhan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam materi bilangan. Melalui pendekatan kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic berbasis aplikasi Construct 2 terhadap hasil belajar siswa pada materi bilangan kelas VII. Diharapkan hasil dari penelitian ini akan memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan pembelajaran matematika yang inovatif dan efektif di tingkat pendidikan menengah. Adapun tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic berbasis aplikasi Construct 2 terhadap hasil belajar siswa pada materi bilangan kelas VII MTsN 1 Pekalongan. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic berbasis aplikasi Construct 2 pada materi bilangan kelas VII MTsN 1 Pekalongan. 3) Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic berbasis aplikasi Construct 2 terhadap hasil belajar siswa pada materi bilangan kelas VII MTsN 1 Pekalongan. Penelitian yang dilakukan di MTsN 1 Pekalongan dengan metode quasi eksperimen design (eksperimen semu) desain yang digunakan pada penelitian ini quasi experimen dalam bentuk nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 65 siswa. Pengumpulan data dilakukan setelah proses pembelajaran dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar siswa sebanyak 8 soal pre-test dan post-test yang berisi soal isian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan: 1) Pada pelaksanaan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic berbasis aplikasi Construct 2, penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan model tersebut berjalan dengan sangat baik di setiap tahap pelaksanaan. Nilai rata-rata yang diperoleh dari penilaian oleh pengamat (observer) adalah sebesar 90% dan 94,5%. Selain itu, berdasarkan kategori keberhasilan kegiatan pembelajaran, baik guru maupun peserta didik berada dalam kategori sangat baik. 2) Model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic berbasis aplikasi Construct 2 meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan dengan rata-rata nilai 78,516, lebih efektif dibanding kelompok kontrol. Keberhasilan ini disokong oleh faktor-faktor seperti diskusi kelompok, presentasi, dan keterlibatan aktif siswa, yang memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa. Partisipasi aktif siswa juga meningkatkan pemahaman konsep dengan model pembelajaran tersebut, mendukung pemahaman yang lebih mendalam tentang materi bilangan. 3) Penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic berbasis aplikasi Construct 2 memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi bilangan di kelas VII MTsN 1 Pekalongan. Data menunjukkan ratarata hasil belajar sebesar 78,516, dengan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,001, lebih rendah dari tingkat signifikansi umumnya (0,05). Hasil uji statistik menunjukkan perbedaan signifikan dalam hasil belajar antara kelompok yang menggunakan model tersebut dengan kelompok yang menerapkan model problembased learning. Pendekatan pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic berbasis aplikasi Construct 2 memberikan kontribusi positif yang lebih besar pada pemahaman dan penguasaan siswa terhada

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic, Aplikasi Construct 2, Bilangan.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 19 Dec 2023 09:02
Last Modified: 30 Jan 2024 04:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6308

Actions (login required)

View Item View Item