Azizudin, M (2023) Pengaruh model pembelajaran make a match terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab kelas V MSI 12 Pabean Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text (Thesis)
2318218 M. AZIZUDIN FULL BAB I-V.pdf Download (2MB) |
|
Text (Thesis)
2318218 M. AZIZUDIN FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran merupakan wujud dari semangat dan antusiasme siswa pada saat mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas. Setiap guru berharap agar siswanya selalu aktif mengikuti kegiatan pembelajaran, terutama pada mata pelajaran Bahasa Arab. Bahasa Arab merupakan mata pelajaran yang sukar untuk dipelajari karena merupakan bahasa asing yang di dalamnya terdapat kosa kata yang harus diafalkan. Oleh karena itu, siswa harus aktif menghafal kosa kata tersebut. Untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar maka perlu menggunakan model pembelajaran yang tepat agar tidak membuat siswa merasa bosan di kelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu metode pembelajaran make a match. Model pembelajaran make a match merupakan model pembelajaran mencari pasangan, dimana siswa harus aktif untuk menemukan jawaban dari suatu masalah dengan cara membentuk kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab Kelas V MSI 12 Pabean Pekalongan, Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sample sebayak 35 siswa kelas V MSI 12 Pabean Pekalongan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner (angket), metode observasi dan metode dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan progam pengolah data IBM SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran make a match terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab Kelas V MSI 12 Pabean Pekalongan. Diketahui dari hasil uji t nlai thitung sebesar 4,178 lebih besar bila dibandingkan dengan ttabel yaitu 1,692 pada taraf signifikan 5% (thitung > dari ttabel) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya menolak hipotesis nol (H0) dan menerima hipotesis (Ha) untuk pengujian variabel tersebut. Kemudian konstribusi pengaruh model pembelajaran make a match terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab Kelas V MSI 12 Pabean Pekalongan sebanyak 34,6 % sedangkan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Make a match, keaktifan siswa, bahasa arab | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 21 Dec 2023 07:33 | ||||||||
Last Modified: | 21 Dec 2023 07:33 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6394 |
Actions (login required)
View Item |