Salsabila, Arina (2023) Pengaruh Mathematical Beliefs dan Mathematics Anxiety terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Nurul Islam Randudongkal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2619101_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2619101_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dilatarbelakangi hasil belajar matematika siswa tingkat MTs yang rendah. Di MTs Nurul Islam Randudongkal, siswa menyikapi matematika dengan mengeluh dan menganggap matematika pelajaran yang sulit dan merasa cemas ketika guru memerintahkan untuk maju mengerjakan soal. Cara siswa merespons pembelajaran matematika dapat diteliti sebagai hal yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Siswa yang menganggap matematika pelajaran sulit dikarenakan rendahnya tingkat mathematical beliefs dan siswa yang cemas ketika mendapat perintah untuk maju dan mengerjakan persoalan matematika ini memiliki mathematics anxiety. Dengan hal ini, mathematical beliefs dan mathematics anxiety ini dapat digali sebagai hal yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Rumusan masalahnya adalah apakah terdapat pengaruh mathematical beliefs terhadap hasil belajar matematika, mathematics anxiety terhadap hasil belajar matematika, dan mathematical beliefs dan mathematics anxiety terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Randudongkal. Kemudian tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh mathematical beliefs, mathematics anxiety, dan mathematical beliefs dan mathematics anxiety secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Randudongkal. Penelitian ini digunakan sebagai bahan pertimbangan guru supaya di masa yang akan datang dapat lebih memperhatikan mathematical beliefs dan mathematics anxiety siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian yang akan diteliti ini adalah seluruh siswa-siswi VIII MTs Nurul Islam Randudongkal meliputi 184 siswa, dengan sampel sejumlah 60 siswa. Kemudian untuk teknik pengumpulan data adalah dengan angket/kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi terdapat pengaruh sebesar 26,9% antara mathematical beliefs dengan hasil belajar matematika siswa. Kemudian terdapat pengaruh sebesar 26,4% antara mathematics anxiety dengan hasil belajar matematika siswa. Selanjutnya, terdapat pengaruh sebesar 32% antara mathematical beliefs dan mathematics anxiety secara simultan dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Randudongkal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Mathematical Beliefs, Mathematics Anxiety, Hasil Belajar Matematika Siswa. | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||
Date Deposited: | 22 Dec 2023 07:59 | ||||||||
Last Modified: | 22 Dec 2023 07:59 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6441 |
Actions (login required)
View Item |