Pengaruh gaya belajar dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP N 2 Kedungwuni

Putri, Feby Tiani (2023) Pengaruh gaya belajar dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP N 2 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619011_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2619011_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Matematika memegang peranan yang penting pada ilmu pendidikan, dibuktikan adanya mata pelajaran matematika di semua jenjang pendidikan, baik SD, SMP, maupun SMA. Matematika juga ilmu yang berguna bagi pengembangan ilmu-ilmu lain, Dengan adanya fakta ini , siswa dituntut serius dalam mempelajari matematika agar memperoleh hasil belajar yang baik. Tetapi dalam kenyataan beberapa siswa memiliki kesulitan dalam belajar matematika. Siswa di SMP N 2 Kedungwuni dalam menyelesaikan persoalan matematika masih cenderung mengikuti metode yang sama seperti yang diilustrasikan guru. Ketika masalah yang mereka hadapi sedikit berbeda dalam penyajiannya, siswa akan mendapatkan kesulitan dalam menyelesaikannya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa, Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa adalah karena kurangnya kreativitas siswa dalam menyerap, mengorganisasikan serta pengolahan informasi dalam pembelajaran yang diberikan oleh guru, hal tersebut dikarenakan pemilihan gaya belajar siswa yang kurang tepat. Berdasarkan latarbelakang diatas beberapa rumusan masalah yang didapat yaitu: Apakah ada pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP N 2 Kedungwuni ?, Apakah ada pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP N 2 Kedungwuni ?, Apakah ada pengaruh gaya belajar dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP N 2 Kedungwuni ?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP N 2 Kedungwuni. Untuk mencapai tujuan diatas digunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode angket, dokumentasi, dan tes. Sedangkan untuk analisis datanya, menggunakan analisis Two way anova dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP N 2 Kedungwuni sebesar 11,73%. Terdapat pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP N 2 Kedungwuni sebesar 18,87%. Dan secara bersama terdapat pengaruh gaya belajar dan kreativitas siswa di SMP N 2 Kedungwuni sebesar 30,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIndrawati, TrianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gaya belajar, kreativitas, hasil belajar
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:21
Last Modified: 27 Dec 2023 08:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6486

Actions (login required)

View Item View Item