Pembentukan karakter siswa di MII Legokgunung Kecamatan Wonopringgo Melalui program pembiasaan hafalan asma'ul husna dan surat-surat pendek

Limkaro, Sahripah (2023) Pembentukan karakter siswa di MII Legokgunung Kecamatan Wonopringgo Melalui program pembiasaan hafalan asma'ul husna dan surat-surat pendek. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2319114_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
2319114_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Pendidikan karakter merupakan pendidikan ihwal karakter, atau pendidikan yang mengajarkan hakekat karakter dalam ketiga ranah yaitu cipta, rasa, dan karsa. Masing-masing sekolah bebas memprioritaskan nilai mana yang akan dikembangkan sesuai dengan karakteristik kebutuhan siswa dan lingkungan sekitar, religius serta disiplin merupakan salah satu nilai karakter yang ada dalam pendidikan karakter. MII Legokgunung kecamatan Wonopringgo merupakan salah satu madrasah yang memperhatikan Pendidikan karakter siswa baik didalam pembelajaran maupun diluar pembelajaran. MII Legokgunung Kecamatan Wonopringgo membentuk karakter siswa melalui pembiasaan hafalan asma’ul khusna dan surat-surat pendek guna untuk menumbuhkan karakter peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaiman pemebentukan karakter siswa di MII Legokgunung Kecamatan Wonopringgo melalui program pembiasaan hafalan asma'ul husna dan surat-surat pendek, 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat strategi guru dalam membentuk karakter siswa di MII Legokgunung Kecamatan Wonopringgo melalui program pembiasaan hafalan asma'ul husna dan surat-surat pendek. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pembentuk karakter siswa di MII Legokgunung Kecamatan Wonopringgo melalui program pembiasaan hafalan asma'ul husna dan surat-surat pendek, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pembentukan karakter siswa di MII Legokgunung Kecamatan Wonopringgo melalui program pembiasaan hafalan asma'ul husna dan surat-surat pendek. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitan yang dilakukan secara langsung untuk memperoleh data dengan pendekatan kualitataif yaitu pendekatan yang digunakan untuk menjaring informasi dari kondisi sewajarnya. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumer data sekunder. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MII Legokgunung Kecamatan Wonopringgo mengupayakan berbagai cara agar peserta didiknya memiliki nilai-nilai karakter yang baik, melalui Program pembiasaan hafalan asma'ul husna dan surat-surat pendek untuk membentuk karakter peserta didik dengan melakukan pembiasaan hafalan asma’ul husna dan suarat-surat pendek. Pelaksanaan program pembiasaaan ini dilakukan setiap hari oleh peserta didik setiap pagi sebelum memulai pembelajaran. Sedangkan bentuk evaluasi pelaksanan program pembiasaan hafalan asma’ul husna dan surat-surat pendek yaitu guru memberikan penilaian kepada siswa di kolom penilaian tadarus pada raport masing-masing siswa. Adapun Karakter yang sudah terbentuk dari program pembiasaan hafalan asma’ul husna dan surat-surat pendek yaitu siswa mempunyai karakter religious dimana siswa mampu membaca bahkan menghafal asma Allah serta surat-surat pendek pada al-qur’an jus 30, karakter lain yang terbentuk dari program ini yaitu siswa mempunyai karakter disiplin,bertanggung jawab,rasa ingin tahu,komunikatif,serta tanggung jawab atas apa yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Faktor pendukung; a) dukungan dari semua elemen madrasah, b) dorongan dari dalam diri sendiri/naluri, c) kerja sama yang baik antara guru, orangtua, dan peserta didik, d) motivasi keluarga, e) teman. Sedangkan factor penghambat; a) malas, b) kurangnya pengawasan, c) belum mengenal huruf arab, d)alokasi waktu yang singkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfroni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembentukan karakter, siswa, pembiasaan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:53
Last Modified: 28 Dec 2023 03:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6514

Actions (login required)

View Item View Item