Mustamiroh, Dhiyail (2019) Problematika pembelajaran bahasa Arab Kurikulum 2013 di MTs Mahir Watusalam Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I -V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berawal dari adanya sekolah berbasis madrasah yang ada di lingkungan Kabupaten Pekalongan yang ditunjuk oleh pemerintah untuk melaksanakan kurikulum 2013. Dimana salah satunya yaitu MTs Mahir Watusalam kelas VII yang sudah melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013. Terdapat beberapa problematika khususnya pada pembelajaran bahasa Arab kelas VII. Sehingga penelitian ini difokuskan pada problematika pembelajaran bahasa Arab kurikulum 2013 kelas VII di MTs Mahir Watusalam Kabupaten Pekalongan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab kurikulum 2013 di MTs Mahir Watusalam Kabupaten Pekalongan? (2) Bagaimana problematika pembelajaran bahasa Arab kurikulum 2013 di MTs Mahir Watusalam Kabupaten Pekalongan? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dilakukan terhadap data yang berupa informasi, uraian dalam bentuk prosa kemudian dikaitkan dengan data lainnya untuk mendapatkan kejelasan terhadap suatu kebenaran, sehingga memperoleh gambaran baru ataupun menguatkan suatu gambaran yang sudah ada. Hasil penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran bahasa Arab kurikulum 2013 kelas VII di MTs Mahir Watusalam yang terdiri dari (a) Tujuan pembelajaran. (b) Isi atau materi. (c) Metode pembelajaran. (d) Evaluasi pembelajaran bahasa Arab. (2) terdapat problematika pembelajaran bahasa Arab kurikulum 2013 di MTs Mahir Watusalam yaitu alokasi waktu, kurangnya sarana dan prasarana seperti buku pegangan guru dan murid yang tidak didapatkan dari pemerintah, keterbatasan guru dalam menguasai metode pembelajaran kurikulum 2013, ketidak kondusifan siswa dalam pelaksanakan pemebelajaran, adanya latar belakang pendidikan siswa sebelum masuk MTs Mahir Watusalam. Dan solusinya yaitu selalu memberikan motivasi bahasa Arab kepada siswa yang mengalami kesulitan, memberikan penjelasan lebih mendalam kepada siswa yang mengalami kesulitan, lebih memperhatikan kemampuan peserta didik yang berlatar belakang pendidikan SD, dan pihak sekolah mengadakan pembelajaran bahasa Arab bagi siswa yang belum mengenal bahasa Arab dilakukan 2 kali pertemuan dalam 1 minggu. Problematika dan solusi pembelajaran bahasa Arab tersebut cukup sesuai atau sependapat dengan pihak sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Problematika Pembelajaran, Kurikulum 2013 | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Muhammad Alghiffary | ||||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2020 04:07 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jan 2021 02:22 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/652 |
Actions (login required)
View Item |