Solikhah, Mir Atus (2023) Eksperimentasi model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran ipa di MI Muhammadiyah Banyumudal Kec Moga Kab Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text (Thesis)
2318197_MIR ATUS SOLIKHAH BAB I-V.pdf Download (3MB) |
|
Text (Thesis)
2318197_MIR ATUS SOLIKHAH FULL TEXT.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kegiatan pembelajaran merupakan komposisi bagian bagian yang berfungsi masing-masing mengacu pada pencapaian tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan sebelumnya, apabila salah satu bagian tidak berfungsi dengan baik, maka tujuan pembelajaran yang telah diterapkan tidak dapat dicapai pula dengan baik. Dalam kegiatan belajar mengajar tidak semua anak mampu berkonsentrasi dalam waktu yang relatif singkat, daya serap anak didik terhadap bahan yang diberikan juga bermacam-macam, ada yang tepa, ada yang sedang, dan ada yang lambat, salah satu langkah untuk memiliki strategi adalah harus menguasai teknik-teknik penyajian atau biasanya disebut metode mengajar. 2. Pendekatan Penelitian Pendekatan yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, penelitian kuantitatif adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data berdasarkan jumlah atau banyaknya yang dilakukan secara objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum. 3. Hasil belajar IPA peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran take and give pada kelas IV A di MI Muhammadiyah, sebagai kelas eksperimen mendapat nilai rata rata sebesar 80,35. Hasil belajar IPA peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas IV B di MI Muhammadiyah, sebagai kelas kontrol mendapat nilai rata rata 70,83. Adapun eksperimentasi dari model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar IPA kelas IV MI Muhammadiyah Banyumudal, dapat mempengaruhi hasil belajar IPA, hal ini dibuktikan dengan hipotesis dimana taraf a 5% hitung tabel yaitu 2,96 2,00. Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran take and give, hasil belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2024 08:00 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jan 2024 08:00 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6670 |
Actions (login required)
View Item |