Pangestutik, Sri (2023) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas II pada mata pelajaran tematik di SD Negeri 01 Petukangan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2317133_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2317133_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran Tematik di sekolah sering dijumpai permasalahan seperti masih ada siswa yang menganggap mata pelajaran Tematik sulit dipelajari, rendahnya daya serap siswa dan kurangnya keaktifan belajar siswa. Dalam hal ini, peran guru sangat penting dalam memilih dan menentukan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture sangat membantu guru dalam menyampaikan materi dan meningkatkan keaktifan belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1)Bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas II pada mata pelajaran tematik di SD Negeri 01 Petukangan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan?, 2)Apa faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas II pada mata pelajaran tematik di SD Negeri 01 Petukangan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru kelas II dan siswa kelas II SD Negeri 01 Petukangan. Adapun sumber data sekundernya adalah sumber data tertulis yang didapatkan melalui buku, jurnal, dan arsip. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture kelas II pada mata pelajaran tematik di SD Negeri 01 Petukangan terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan pembelajaran dengan guru kelas membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran agar tercapainya suatu tujuan yang telah ditetapkan. Adapun tahap pelaksanaan pembelajaran terdapat beberapa proses kegiatan antara lain: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Tahap terakhir yaitu evaluasi pembelajaran dengan guru kelas melakukan evaluasi berupa tes dan non tes. Faktor pendukung implementasi model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture kelas II pada mata pelajaran tematik di SD Negeri 01 Petukangan, antara lain: keaktifan siswa, model pembelajaran yang tepat, dan lingkungan belajar yang nyaman. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: terbatasnya sarana dan prasarana dan keterbatasan kemampuan siswa dalam memahami materi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, meningkatkan keaktifan belajar siswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2024 08:20 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2024 02:53 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6694 |
Actions (login required)
View Item |