Kustiningsih, Kustiningsih (2018) Implementasi metode qira’ah dalam pembelajaran kosakata Bahasa Arab Di MTs Salafiyah Wonoyoso Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan merupakan salah satu madrasah yang menerapkan metode qira’ah dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Hal ini dilakukan karena dalam proses belajar mengajar di madrasah tersebut mempunyai beberapa masalah yang dialami oleh sebagian siswa, khususnya saat pembelajaran kosakata bahasa Arab bahwa siswa masih merasa kesulitan dalam membaca dan memahami teks. Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode qira’ah dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas VII di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan, apa keunggulan dan kelemahan implementasi metode qira’ah dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas VII di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif karena penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji atau meneliti suatu objek pada latar alamiah tanpa ada manipulasi didalamnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan ditempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi mengenai implementasi metode qira’ah dalam pembelajaran kosakatabahasa Arab siswa kelas VII di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa implementasi metode qira’ah dalam pembelajaran kosakatabahasa Arab siswa kelas VII di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan, meliputi: guru menggunakan metode qira’ah dengan cara guru membacakan teks bacaan bahasa Arab dengan suara yang keras dan jelas yang ditirukan oleh peserta didik secara bersama-sama setelah itu guru menunjuk salah satu siswa untuk membaca teks bahasa Arab kemudian guru menyuruh siswa untuk menyimpulkan isi teks bacaan. Tujuan dari metode qira’ah dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab adalah agar siswa dapat membaca dan memahami bacaan dengan baik dan benar dengan merangkum atau menyimpulkan bacaan tersebut. Adapun keunggulannya adalah siswa dapat membaca dan siswa menguasai kosakata dengan baik.. Untuk kelemahannya adalah siswa hanya menguasai kosakata yang tidak keluar dari teks bacaan, siswa tidak terampil dalam menyimak dan berbicara, durasi waktu pembelajaran kurang efektif dan adanya kurikulum baru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Qira’ah, Pembelajaran Kosakata | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Muhammad Alghiffary | ||||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2020 06:53 | ||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2020 06:53 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/674 |
Actions (login required)
View Item |