Kompetensi profesional guru pendidikan agama islam dalam mengelola kelas VII di MTS NU Tirto Pekalongan

Karimah, Akhlakul (2023) Kompetensi profesional guru pendidikan agama islam dalam mengelola kelas VII di MTS NU Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2021216037_AKHLAKUL KARIMAH BAB I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
2021216037_AKHLAKUL KARIMAH FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Proses belajar dan hasil belajar para siswa bukan hanya ditentukan oleh sekolah, pola, struktur dan isi kurikulumnya, akan tetapi sebagian besar ditentukan oleh kompetensi Guru yang mengajar dan membimbing mereka. Observasi awal ditemukan bahwa di MTs NU Tirto ditemukan adanya permasalah kurang optimalnya pembelajaran berkaitan dengan sarana prasarana, dan lingkungan juga kondisi siswa yang majemuk sehingga perlu adanya manajemen pengelolaan kelas. Tuntutan itu membuat Guru harus berfikir secara tepat dan mampu menggunakan kompetensi profesionalitasnya tanpa terkecuali Guru Pendidikan Agama Islam. Rumusan Masalah bedasarkan latar tersebut adalah: 1) Bagaimana kompetensi Profesionalisme Guru PAI; 2) Apa faktor- faktor yang mempengaruhi kompetensi profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas VII di MTs NU Tirto Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obervasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisisnya peneliti menggunakan cara yaitu mereduksi data, penyajian data dan terakhir adalah pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa Kompetensi profesional Guru pendidikan agama Islam dalam mengelola kelas VII di MTs NU Tirto Pekalongan, diantaranya: Memperhatikan aspek dalam mengelola kelas seperti halnya menjamin tempat kelas bersih dan nyaman terlebih dahulu, merapikan bangku sebelum pembelajaran guna menciptakan suasana positif dalam keberlangsungan proses pembelajaran, dan merencakan pengelolaan kelas di dalam Rencana Program Pembelajaran (RPP). Pendekatan dalam pengelolaan kelas, strategi dalam pengelolaan kelas, peraturan dalam pengelolaan kelas, menciptakan suasana kelas yang tenang dan nyaman, membuat peraturan di dalam kelas dan melakukan penataan di dalam kelas. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi adalah Tingkat Pendidikan dan Pelatihan, Keterampilan dan Pemahaman terhadap Kebutuhan Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, Moh. NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, profesional guru, pendidikan agama islam, mengelola kelas
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:26
Last Modified: 18 Jan 2024 07:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6770

Actions (login required)

View Item View Item