Shobirin, Ahmad (2023) Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII Mts Ath-Thohiriyyah Watusalam Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text (Thesis)
2021116126_AHMAD SHOBIRIN BAB I-V.pdf Download (6MB) |
|
Text (Thesis)
2021116126_AHMAD SHOBIRIN FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Pembelajaran bukan hanya dilihat dari tinggi rendahnya inteligensi saja, tetapi akan nampak dalam bentuk perubahan tingkah laku secara menyeluruh (komprehensif) yang terdiri atas unsur kognitif, afektif dan psikomotorik secara terpadu pada diri siswa. Sehingga akan tertanam dalam diri siswa akhlakul karimah. Kita menggunakan kecerdasan spiritual untuk menjadi lebih kreatif, lebih cerdas secara spiritual dalam beragama. Untuk menghadapi persoalan yang dihadapi manusia modern sekarang ini kiranya kecerdasan spiritual bisa menjadi salah satu upaya untuk mengembalikan jati diri manusia kepada fitrah dan penciptaannya untuk berbakti kepada Allah dan kerinduan kepada-Nya. Untuk itu pengembangan kecerdasan spiritual siswa sangat dibutuhkan agar siswa bisa mengamalkan ajaran agama dengan baik serta menjadikan hidup mereka lebih bermakna dengan diisi oleh ibadah-ibadah kepada Allah dan berbuat baik kepada sesama. Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui tingkat kecerdasan spiritual siswa kelas VIII MTs Ath Thohiriyyah Watusalam Buaran Pekalongan. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Ath-Thohiriyyah Watusalam Buaran Pekalongan. (3)Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Ath-Thohiriyyah Watusalam Buaran Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah : Metode Kuesioner (Angket) dan metode dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode Analisis Validitas Item, Analisis Deskriptif, Uji Prasyarat Analisis, Analisis Regresi dan Uji Koefisien Korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan spiritual siswa kelas VIII MTs Ath-Thohiriyyah Tahun Pelajaran 2020/2021 tergolong tinggi. Adapun untuk nilai tertinggi sebesar 85 dan nilai terendah 61. Diperoleh juga nilai rata ratanya sebesar 73,84. (2) Prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Ath-Thohiriyyah Tahun Pelajaran 2020/2021 tergolong cukup. Adapun untuk nilai tertinggi sebesar 91 dan nilai terendah 70. Diperoleh juga nilai rata-ratanya sebesar 79,47. Kecerdasan spiritual berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Ath-Thohiriyyah Tahun Pelajaran 2020/2021. (3) Kecerdasan spiritual dengan melalui persamaan regresi Y = 75,58 + 1,73X mempengaruhi prestasi belajar sebesar 46,49%, sedangkan sisanya sebesar 53,51% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan spiritual, prestasi belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2024 08:26 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jan 2024 08:26 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6777 |
Actions (login required)
View Item |