Ulya, Nadlifatul (2014) Motivasi Belajar Mahasiswa Non Reguler dalam Menempuh Pendidikan S.1 di STAIN Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.
Text
2021110003 NADLIFATUL ULYA BAB I, V DAN LAMP.PDF Download (11MB) |
|
Text
2021110003 NADLIFATUL ULYA FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (19MB) |
Abstract
Belajar merupakan suatu tugas dan kewajiban seseorang untuk mendapatkan ilmu. Belajar dapat memberikan perubahanan bagi mahasiswa dari segi pengetahuan, ketrampilan, nilai, dan sikap. Perubahan-perubahan tersebut diperoleh dengan adanya motivasi yang mendorong seseorang untuk melakukan aktivitas belajar. Motivasi merupakan hal yang penting dalam aktivitas seseorang. Dengan motivasi seseorang akan berusaha untuk menghadapi togas yang telah ditentukan. Motivasi merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh setiap orang khususnya mahasiswa non regider dalam belajar. Permasalahan pokok yang ingin dijawab dalam skripsi ini adalah bagaimana motivasi belajar mahasiswa non reguler dalam menempuh pendidikan S.,? dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa non reguler dala dalam menempuh pendidikan S.,?. skripsi ini diharapkan dapat berguna secara teoritis dan secara peraktis bagi pihak-pihak yang ada dalam dunia pendidikan terutama pendidikan tinggi seperti dosen, mahasiswa non reguler, dan masyarakat mengenai motivasi belajar mahasiswa non reguler yang nantinya diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam dunia pendidikan terkait motivasi belajar mahasiswa non reguler dan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa non reguler tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan metode berfikir induktif. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa motivasi belajar mahasiswa non reguler dalam menempuh pendidikan S. di STAIN Pekalongan mayoritas termotivasi untuk mencari ijazah atau sebagai formalitas guna dapat menunjang profesinya. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhinya dibagi menjadi dua yaitu faktor-faktor yang mendukung dan faktor-faktor yang menghambat, yang didalam kedua faktor tersebut terkandung faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor-faktor yang mendukung motivasi belajar mahasiswa non reguler dalam menempuh pendidikan S., yang termasuk faktor instrinsik yaitu minat belajar, kesehatan, keaktifan mahasiswa non reguler dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Adapun yang termasuk faktor ekstrinsik yaitu dukungan keluarga, tugas-tugas kuliah, ketepatan datang di kelas. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat motivasi belajar mahasiswa non reguler dalam menempuh pendidikan S., yang termasuk faktor intrinsik antara lain kejenuhan dalam belajar, kesulitan membagi waktu antara tugas kuliah dan tugas dari tempat bekerja Adapun yang termasuk faktor ekstrinsiknya yaitu keadaan cuaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2024 05:32 | ||||||||
Last Modified: | 20 Jan 2024 05:32 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6814 |
Actions (login required)
View Item |