Khasanah, Uswatun (2019) Perubahan motivasi memilih sekolah oleh lulusan MIS Kuripan Kidul, Kota Pekalongan, Tahun 2014-2016. Masters thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Era globalisasi dan perdagangan bebas yang penuh dengan persaingan, mengharuskan madrasah untuk mampu mempersiapkan peserta didiknya siap bersaing terutama dalam memilih sekolah lanjutannya. Ini berarti bahwa lulusan madrasah harus mampu bersaing dengan lulusan sekolah umum dalam perebutan tempat dan peran dalam gerakan pembangunan bangsa. MIS Kuripan Kidul, Kota Pekalongan adalah madrasah yang cukup diperhitungkan keberadanya. Sejak berdirinya madrasah ini banyak yang melanjutkan ke MTs dan pondonk-pondok pesantren, namun mulai tahun 2014 cenderung banyak yang melanjutkan ke SMP. Atas dasar itu maka penulis ingin mengetahui lebih dalam mengapa terjadi perubahan motivasi memilih sekolah oleh lulusan MIS Kuripan Kidul tahun 2014- 2016 itu. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif kategori penelitian lapangan (field research), Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumenter serta dengan teknik analisis data menginduk Miles dan Huberman. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendiskripsikan motivasi, alasan terjadi perubahan motivasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan motivasi lulusan MIS Kuripan Kidul tahun 2014-2016 dalam memilih sekolah lanjutannya. Hasil menunjukkan bahwa motivasi memilih sekolah oleh lulusan MIS Kuripan Kidul Kota Pekalongan adalah terdiri dari motivasi instrinsik yaitu motivasi yang berasal dari dalam dirinya, maupun motivasi ekstrinsik yang terdiri dari pengaruh dari guru madrasahnya, pengaruh dari orang tuanya, dan pengaruh dari teman sebayanya. Sedangkan perubahan motivasi lulusan MIS Kuripan Kidul dalam memilih sekolah lanjutannya adalah lulusan yang karena ekonomi lemah tidak akan melanjutkan sekolah berubah menjadi melanjutkan, motovasi melanjutkan MTs berubah melanjutkan ke SMP, motivasi melanjutkan ke ke Pondok Pesantren, berubah melanjutkan ke SMP, dan motivasi melanjutkan ke SMP berubah melanjutkan ke MTs. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan motivasi lulusan MIS Kuripan Kidul, kota Pekalongan dalam memilih sekolah lanjutannya adalah karena memiliki kecerdasan yang cukup tinggi, memiliki kemampuan agama yang lebih dominan, adanya Program pendampingan pada lulusan MIS Kuripan Kidul yang akan melanjutkan sekolahnya, karena mengikuti kemauan orang tuanya, karena mengikuti teman sebayanya dan karena pengaruh informasi dari jejaring sosial. The era of globalization and free trade is full of competition, the school have to be able to prepare their students to be ready to compete anything that they want to enter. It is done in order to the graduates of MIS Kuripan Kidul are not left behind by the graduates of public schools in fighting for places and roles in the nation-building movement . MIS Kuripan Kidul, Pekalongan city is enough qualified madrasah because of the achievements of their students. To see why many graduates are accepted in their secondary schools , it is necessary to know the motivation of their graduates in choosing their secondary schools. This study uses qualitative approach method infield research , the data collection is obtained by interviews, observation and documentary studies. The data analysis techniqueis done by inducting Miles and Huberman. While the purpose of this study is to determine the motivation of graduates of MIS Kuripan Kidul, Pekalongan City in choosing their secondary school. And find out the factors that influence motivation choose school by MIS Kuripan graduates Kidul, Pekalongan City years 2014 - 2016. The results show that the motivation in choosing secondary school by graduates of MIS Kuripan Kidul Pekalongan consists of intrinsic motivation, it is a motivation that comes from within them, and extrinsic motivation consisting of influence of teachers madrasah, his parents, and from their peers . While changing the motivation of graduates MIS Kuripan Kidul in choosing school be continued because the economy is weak. So, that what would ot have continued junior high school turned into a continuation, the motivation be continued to MTS changed to junior high class, the motivation be continued to boarding school be continued to junior high school and motivation continued to middle school changes to MTS. While the factors that influence the motivation of graduates of MIS Kuripan Kidul, Pekalongan City in choosing their secondary schools are because they have their high intelligence, more dominant in ability of their religion, the existence of mentoring program at the graduate MIS Kuripan Kidul who will continue their education, because they follow their parents, andtheir peers .
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Sekolah, Lulusan, Motivation, School, Graduation | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2020 08:41 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2020 08:41 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/684 |
Actions (login required)
View Item |