Saatun, Saatun (2016) Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas V MI Salafiyah Gombong Warungpring Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.
Text (Thesis)
2021312041 SAATUN BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (8MB) |
|
Text (Thesis)
2021312041 SAATUN BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (22MB) |
Abstract
Beberapa penelitian menjelaskan bahwa minat belajar memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya adalah menumbuhkan semangat minat belajar itu sendiri, karena dengan adanya minat belajar akan turut serta mengalami proses bagaimana memulai, merencanakan serta melakukan praktek mata pelajaran Fikih tersebut. Dengan berusaha mengetahui proses dalam mempelajari materi pelajaran Fikih, sedikit banyak akan menumbuhkan minat pada siswa untuk lebih meningkatkan hasil belajar yang diperoleh dari ujian yang diberikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana Minat Belajar kih siswa kelas V MI Salafiyah Gombong Warungpring Pemalang Tahun lajaran 2015/2016?, 2). Bagaimana Hasil Belajar Fikih siswa kelas V MI lafiyah Gombong Warungpring Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016?. .Apakah ada hubungan positif antara Minat Belajar Fikih siswa dengan Hasil elajar Fikih siswa kelas V MI Salafiyah Gombong Warungpring Pemalang hun Pelajaran 2015/2016?. Pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan antitatif, yaitu pendekatan yang menekankan analisisnya pada data-data minal (angka) yang diolah dengan cara metode statistik. Adapun dalam enganalisis data penulis menggunakan rumus product moment. Sedangkan etode pengumpulan data yang dipakai antara lain; metode observasi, angket, nterview, dan dokumentasi. Hasil akhir penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut; pertama, Dari analisis angket tentang minat siswa dalam pembelajaran fikih rata-rata skor angket setelah dirubah menjadi nilai prosentase dengan cara 34,1 : 40 xlOO % = 85,2 % rtinya termasuk kategori baik. Kcdua, rata-rata hasil belajar fikih dari 40 siswa dapatkan nilai mean 81,12 yang berada rentang interval 81 - 100 Sehingga enunjukan kriteria baik. Dengan dernikian diartikan bahwa hasil belajar siswa Jada mapel Fikih siswa MI Salafiyah Gombong Warungpring Pemalang dapat dikategorikan baik. Ketiga, kedua pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5 % dan 1 %, r hitung 0,538, maka hasil yang diperoleh adalah r observasi (hasil penelitian) lebih besar hasilnya daripada r dalam tabel. Jadi hipotesis yang telah diajukan dalam penelitian ini hasilnya adalah "signifikan" atau hipotesis diterima dan terbukti kebenarannya. Jadi minat belajar siswa berkorelasi atau berhubungan terhadap hasil belajar fikih siswa kelas V MI Salafiyah Gombong Warungpring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, hasil belajar. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2024 03:26 | ||||||||
Last Modified: | 02 Feb 2024 03:26 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7000 |
Actions (login required)
View Item |