Sefila, Sefila (2024) Pengembangan media pop up book berbantuan QR code dalam mengenalkan dimensi religius karakter P3 peserta didik sekolah dasar. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
Text
2320103_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (4MB) |
|
Text
2320103_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan nilai-nilai kehidupan dalam masyarakat global yang menyebabkan terjadinya penurunan kualitas karakter termasuk karakter generasi muda Indonesia. Penurunan kualitas karakter tersebut mendorong Kemendikbud merumuskan Profil Pelajar Pancasila (P3) yang diterapkan dalam kurikulum merdeka. Profil pelajar Pancasila ini memuat sejumlah karakter yang harus ditanamkan pada setiap peserta didik. Namun dalam pelaksanaannya, banyak sekolah yang tidak mengintegrasikan karakter dalam proses pembelajaran. Terlebih terkait dalam pemanfaatan media pembelajaran. Selama ini masih jarang terdapat guru yang memanfaatkan media pembelajaran untuk digunakan dalam penguatan karakter. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menciptakan suatu produk media pembelajaran yang dipergunakan dalam mengenalkan karakter P3 kepada siswa sekolah dasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan media pop up book berbantuan QR Code dalam mengenalkan dimensi religius karakter P3 peserta didik sekolah dasar dan bagaimana kelayakan media pop up book berbantuan QR Code dalam mengenalkan dimensi religius karakter P3 peserta didik sekolah dasar ditinjau berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi serta angket respon guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menguji kelayakan media pop up book berbantuan QR Code dalam mengenalkan dimensi religius karakter P3 peserta didik sekolah dasar. Adapun manfaat penelitian ini yaitu sebagai tambahan referensi bagi guru dalam mencari alternatif untuk mengintegrasikan karakter P3 dalam pembelajaran dengan berbantuan media pembelajaran dan sebagai bahan kajian dalam penelitian lebih lanjut terkait pengembangan media untuk mengenalkan karakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang terdiri atas sepuluh tahap. Dari sepuluh tahap pengembangan tersebut, peneliti hanya terbatas dalam menerapkan 6 tahap saja dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Enam langkah tersebut meliputi: potensi awal dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, dan uji coba produk. Penelitian ini dilakukan pada 2 sekolah di Pekalongan yaitu SDN 02 Wonokerto Kulon dan MSI 14 Medono. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui beberapa cara, diantaranya yaitu pengisian angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya berupa angket analisis kebutuhan, angket validasi materi, angket validasi media, dan angket respon guru. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pop up book berbantuan QR Code sangat valid dan layak digunakan. Hal tersebut terbukti melalui hasil validasi ahli materi yang mendapatkan persentase sebesar 97%, ahli media sebesar 99%, dan rata-rata dari respon ketiga guru sebesar 97,8%. Sehingga berdasarkan konversi nilai bahwa mulai dari persentase 81% hingga 100% pengembangan media mendapatkan kategori sangat valid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan media, Pop Up Book, QR Code , Karakter P3 | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.331 Madrasah Tsanawiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 19 Feb 2024 07:39 | ||||||||
Last Modified: | 02 Jul 2024 04:21 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7004 |
Actions (login required)
View Item |