Pengembangan BUPINCA untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di Pos Paud Kenanga Kebulen Kota Pekalongan

Jamilah, Jamilah (2023) Pengembangan BUPINCA untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di Pos Paud Kenanga Kebulen Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2417092_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2417092_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran BUPINCA. (2) Untuk mengetahui kelayakan BUPINCA berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi. (3) Untuk mengetahui hasil uji coba BUPINCA untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 Tahun di Pos Paud Kenanga Kebulen, Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (RnD) yang menggunakan proses pengembangan milik Borg and Gall dengan subjek penelitian yaitu peserta didik Pos Paud Kenanga Kebulen usia 5-6 tahun. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa data analisis pengembangan produk serta data kelayakan produk yang dihasilkan, dan analisis data peningkatan kemampuan membaca permulaan. BUPINCA merupakan suatu media yang dikembangkan oleh peneliti berupa buku ajar berisi pengenalan huruf abjad dari A sampai Z, pengenalan kata yang disertai gambar, serta diselipkan beberapa kegiatan menulis. Adapun manfa’at dari BUPINCA ini untuk membantu guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di Pos Paud Kenanga Kebulrn Kota Pekalongan. Kelayakan BUPINCA berdasarkan penilaian (1) Ahli media memperoleh skor 116, dengan rerata skor 4,46 dan presentase 89% . (2) Ahli materi memperoleh skor 69, dengan rerata skor 4,9 dan presentase 98%. Dari penilaian kedua validator, BUPINCA masuk dalam kriteria sangat layak untuk diujicobakan. Hasil uji coba awal sebelum adanya BUPINCA, kemampuan membca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di Pos Paud Kenanga Kebulen diantaranya ada 2 anak belum berkembang, 9 anak mulai berkembang, dan 1 anak berkembang sesuai harapan. Hasil uji coba lapangan terbatas ada 1 anak mulai berkembang, 2dan 4 anak berkembang sesuai harapan. Hasil uji coba lapangan luas ada 3 anak mulai berkembang dan 9 anak berkembang sesuai harapan. Berdasarkan hasil observasi uji coba lapangan luas, Bupinca terbukti dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di Pos Paud Kenanga Kebulen karena adanya peningkatan kemampuan anak dan masuk dalam kriteria layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIrsyad, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Buku, Membaca, Kemampuan Membaca, Membaca Permulaan, Meningkatkan
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 12 Feb 2024 08:48
Last Modified: 12 Feb 2024 08:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7082

Actions (login required)

View Item View Item