Mutia, Fa'iqotul (2023) Implementasi model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII di MTs Salafiyah Nurul Qomar Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119105_FA'IQOTUL MUTIA BAB I-V.pdf Download (6MB) |
|
Text
2119105_FA'IQOTUL MUTIA FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penggunaan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan akan sangat berpengaruh pada suasana belajar di kelas. Untuk menanggulangi hal tersebut perlunya strategi guru dalam proses pembelajarannya yaitu dengan menerapkan suatu metode atau model pembelajaran yang tepat demi kelangsungan proses pembelajaran yang baik. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) perencanaan model pembelajaran discovery learning dalam mata pelajaran akidah akhlak. (2) pelaksanaan model pembelajaran discovery learning dalam mata pelajaran Akidah akhlak. (3) evaluasi pembelajaran model discovery learning dalam mata pelajaran Akidah akhlak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah guru mata pelajaran Akidah akhlak dan siswa/i kelas VIII MTs Salafiyah Nurul Qomar Pekalongan. model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran akidah akhlak. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian tersebut nantinya akan dianalisis hasilnya secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) perencanaan implementasi model pembelajaran discovery learning melalui tahap pembuatan RPP, menyiapkan silabus, dan buku pegangan untuk kesiapan materi. (2) implementasinya dibagi menjadi 3 tahapan, tahap pendahuluan; guru membuka pembelajaran dengan salam, menyampaikan tujuan pembelajaran, dan apersepsi, tahap isi; dilakukan dengan memberi stimulus, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan generalisasi, tahap penutup; guru menutup pembelajaran dengan mengapresiasi kinerja siswa diikuti pemberian motivasi penutup. (3) evaluasi pembelajaran menggunakan 3 penilaian; penilaiansikap, penilaian pengetahuan, dan penelitian keterampilan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning, Akidah akhlak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Khusnu Asirah | ||||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2024 02:41 | ||||||||
Last Modified: | 20 Feb 2024 02:41 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7149 |
Actions (login required)
View Item |