Afiati, Kholisna (2023) Strategi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pasca pandemi di SD Negeri Kuripan Lor 02. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119378_KHOLISNA AFIATI BAB I-V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2119378_KHOLISNA AFIATI FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Setelah adanya pandemi Covid-19 motivasi belajar siswa SD Negeri Kuripan Lor menurun dikarenakan siswa sudah terbiasa dengan pembelajaran daring, karena mereka bisa sambil bermain Handphone (HP). Sedangkan pembelajaran di kelas mereka harus kembali menulis. Untuk itu, guru perlu meningkatkan motivasi belajar siswa, agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.Strategi Pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang berisi serangkaian kegiatan yang dirancang secara khusus untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam pendidikan formal, kita tahu bahwa guru sebagai administrator yang harus dapat menyelenggarakan program pendidikan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan progam pendidikan yang diinginkan, guru diharapkan mempunyai beberapa strategi pembelajaran yang bisa menggugah siswa untuk belajar dengan enak dan menyenangkan. Untuk mencapai tujuan agar bisa meningkatkan motivasi siswa, maka diperlukan upaya yang lebih baik dari guru dalam memilih dan menerapkan strategi, metode dan media pembelajaran yang sesuai kompetensi tersebut. Bardasarkan latar belakang diatas, beberapa rumusan masalah yang didapat yaitu: Bagaimana motivasi belajar siswa SD Negeri Kuripan Lor 02 pasca pandemi Covid-19?, Bagaimana strategi yang dilakukan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa SD Negeri Kuripan Lor 02 pasca pandemi Covid-19?, Apa saja kendala yang dihadapi guru SD Negeri Kuripan Lor 02 dalam memberikan motivasi belajar pasca pandemi Covid-19?. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi motivasi belajar siswa SD Negeri Kuripan Lor 02 pasca pandemi Covid-19. Dengan begitu diharapkan penelitian ini dapat memberikan pengetahuan lebih lengkap tentang pentingnya motivasi belajar. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut di atas yang telah diamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keberhasilan guru SD Negeri Kuripan Lor 02 dalam meningkatkan motivasi belajar siwa pasca pandemi Covid-19 sudah baik dan meningkat. Hal ini terlihat dari siswa yang awalnya malas mengikuti pelajaran, sekarang sudah semakin membaik, giat belajar dan banyak membaca. Siswa yang biasanya pasif pada saat pembelajaran, sekarang sudah berani bertanya dan mengemukakan pendapatnya dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Motivasi, Pasca Pandemi Covid-19 | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Khusnu Asirah | ||||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2024 06:31 | ||||||||
Last Modified: | 22 Feb 2024 06:31 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7242 |
Actions (login required)
View Item |