Fatmawati, Lizza (2019) Pembentukan karakter kerja sama peserta didik melalui kerja kelompok dalam Pembelajaran Pendidikan Agama dan budi pekertidi SMP Negeri 7 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full text.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pembentukan karakter sangat penting dalam proses pendidikan. Pembentukan adalah suatu usaha sungguh-sungguh dalam rangka membentuk anakdengan pembinaan yang terprogram dengan baik dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan konsisten. Di SMP Negeri 7 Pekalongan menerapkan kerja kelompok dalam pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti untuk membentuk kerja sama peserta didik dan membimbing sikap peserta didik ke hal-hal yang positif dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Peneliti ingin meneliti pembentukan karakter kerja sama dalam pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMP Negeri 7 Pekalongan yaitu dengan menerapkan kerja kelompok, dengan kerja kelompok tersebut memiliki tujuan agar peserta didik yang terbiasa melakukan kegiatan kerja kelompok akan tertanam sikap kerja sama dan menjadikannya seseorang yang bertanggung jawab dalam melakukan aktivitas. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana pembentukan karakter kerja sama peserta didik melalui kerja kelompok dalam pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMP Negeri 7 Pekalongan dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter kerja sama peserta didik melalui kerja kelompok dalam pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMP Negeri 7 Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembentukan karakter kerja sama peserta didik melalui kerja kelompok dalam pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMP Negeri 7 Pekalongan dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter kerja sama peserta didik melalui kerja kelompok dalam pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMP Negeri 7 Pekalongan. Penelitian ini mempunyai dua kegunaan, yang pertama kegunaan teoritis yaitu dapat berguna sebagai kontribusi atau untuk memberikan informasi dalam pengembangan penelitian selanjutnya, sebagai sumbangan ilmu pengetahuan dan pendidikan. Kedua kegunaan praktis yaitu bagi peneliti, untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dan juga dapat dijadikan pengalaman berharga dalam penulisan karya ilmiah bagi penulis dan sebagai bekal untuk mengadakan penelitian selanjutnya dimasa yang akan datang, bagi lembaga pendidikan, untuk memberikan perhatian kepada peserta didik di Sekolah Menengah Pertama dalam pendidikan karakter terutama dalam karakter kerja sama, dan bagi masyarakat, bermanfaat sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka turut serta mempersiapkan generasi yang memiliki pribadi yang disiplin dan berakhlakul karimah serta berguna bagi agama nusa dan bangsa juga dapat dijadikan informasi bagi kalangan masyarakat khususnya orang tua peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Tekik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis data kualitatif, mengikut konsep yang diberikan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembentukan karakter kerja sama peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMP Negeri 7 Pekalongantelah berhasil yaitu melalui kerja kelompok dengan beberapa peraturan meliputi, kerja kelompok harus diawasi oleh orang tua, kakak, atau saudara, semua anggota kelompok harus datang tepat waktu sesuai dengan kesepakatan bersama, kehadiran dan keaktifan harus dicatat, menentukan siapa yang akan menjadi tuan rumah secara bergantian, hasil dari kerja kelompok tersebut ditanda tangani oleh orang tua sebagai bukti bahwa proses pengerjaan tugas diawasi oleh orang tua. Adapun faktor yang mendukung suksesnya pembentukan karakter kerja sama peserta didik di SMP Negeri 7 Pekalongan adalah guru, keluarga/orang tua, peserta didik, fasilitas yang dimilki, dan tata tertib. Faktor penghambat dari pembentukan karakter kerja sama peserta didik di SMP Negeri 7 Pekalongan adalah lingkungan pergaulan negatif peserta didik di luar sekolah, kurangnya kesadaran dalam diri peserta didik, handphone, lingkungan masyarakat, dan cuaca yang tidak mendukung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan Karakter Kerja Sama, Kerja Kelompok | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Thohirin Thohirin | ||||||||
Date Deposited: | 17 May 2020 06:51 | ||||||||
Last Modified: | 17 May 2020 06:51 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/739 |
Actions (login required)
View Item |