Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP Islam Manbaul Hikmah Luwungragi

Qodriyah, Aflichatul (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP Islam Manbaul Hikmah Luwungragi. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2620101_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (840kB)
[img] Text
2620101_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kurangnya pemahaman matematis siswa dan kurangnya menerapkan konsep matematika tertentu dalam permasalahan nyata. Matematika memiliki sifat abstrak yang merupakan kesulitan tersendiri yang dihadapi peserta didik, salah satunya pada materi bangun ruang sisi datar. Pada materi ini peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep bangun ruang sisi datar, sehingga ini berpengaruh pada tingkat pemahaman peserta didik. Untuk mendorong pembelajaran matematika dan prestasi akademik peserta didik, perlu dikembangkan media pembelajaran yang lebih menyenangkan dan mendorong peserta didik untuk aktif. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik akan memberikan motivasi peserta didik dan mempermudah dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu tingkat kelayakan, kepraktisan dan keefektifan LKPD interaktif berbasis pendidikan matematika realistik pada materi bangun ruang sisi datar serta peningkatan pemahaman matematis peserta didik melalui LKPD interaktif yang dikembangkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan dan keefektifan LKPD interaktif berbasis pendidikan matematika realistik dan untuk mengetahui terjadi peningkatan atau tidak pemahaman matematis yang dimiliki peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan pengembangan dengan model pengembangan 4D. Responden pada penelitian ini sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kelayakan, kepraktisan, keefektifan LKPD interaktif dan peningkatan pemahaman matematis peserta didik. Berdasarkan dari analisis data, hasil penelitian ini adalah (1) LKPD interaktif ini layak digunakan dengan rata-rata kelayakan 4,34 dengan kategori valid, (2) pengembangan menggunakan model 4D berjalan dengan baik karena mudah dipahami peserta didik sehingga menghsilkan produk LKPD interaktif berbasis pendidikan matematika realistik (3) kenaikan pemahaman matematis peserta didik dengan adanya pretest dan postest. Mean pretest 61,66 dengan standar deviasi 19,322, mean postest 83,66 dengan standar deviasi 27,634.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadli, FailasufUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD, Pendidikan Matematika Realistik, Pemahaman Matematis, Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Mar 2024 01:49
Last Modified: 18 Mar 2024 01:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7465

Actions (login required)

View Item View Item