Robiah, Siti (2024) Pengaruh Brand Uniqueness dan Electronic Word Of Mouth terhadap Loyalitas Konsumen dengan Labelisasi Halal sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Konsumen Mie Gacoan Cabang Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
4120086_BAB I & BAB V.pdf Download (4MB) |
|
Text
4120086_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Pertumbuhan bisnis kuliner di Indonesia menunjukkan peningkatan yang membaik. Kuliner menjadi subsector pengolahan non migas terbesar dengan persentase 38,69% pada triwulan III tahun 2022. Pertumbuhan yang membaik ini tidak lain karena kolaborasi yang baik antara pemerintah dan pemangku industri makanan dan minuman. Fenomena ramainya konsumen pada kuliner Mie Gacoan menjadi tantangan tersendiri bagi manajemen Mie Gacoan untuk mempertahankan volume konsumen agar tidak berpindah pada produk kompetitor. Strategi yang dapat dilakukan berupa loyalitas konsumen. Semakin baik brand uniqueness dengan pesaing maka akan menjadikan kepuasan pada diri konsumen yang akan bermuara pada sikap loyalitas. Serta semakin banyak electronic word of mouth yang positif di media sosial maka akan berpotensi untuk mempertahankan volume konsumen. Adanya sertifikasi halal juga berpotensi memperkuat loyalitas konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui adanya pengaruh brand uniqueness dan electronic word of mouth terhadap loyalitas konsumen dengan labelisasi halal sebagai variabel moderating. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dan kausal dengan pendekatan kuantitaif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan sampel sebanyak 97 responden dan metode library research. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan rumus lemeshow. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dan moderasi dengan bantuan IBM SPSS versi 25.0. Hasil penelitan menunjukkan bahwa brand uniqueness berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada Mie Gacoan cabang Pekalongan. Labelisasi halal mampu memperkuat pengaruh brand uniqueness terhadap loyalitas konsumen pada Mie Gacoan cabang Pekalongan. Electronic word of mouth tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada Mie Gacoan cabang Pekalongan. Labelisasi halal tidak mampu memoderasi hubungan electronic word of mouth terhadap loyalitas konsumen pada Mie Gacoan cabang Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Brand Uniqueness, Electronic Word of Mouth, Labelisasi Halal dan Loyalitas Konsumen | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 19 Mar 2024 07:28 | ||||||||
Last Modified: | 19 Mar 2024 07:28 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7527 |
Actions (login required)
View Item |