Hidayah, Nur (2018) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku kedisiplinan siswa SMP NU Karangdadap Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Berdasakan hasil pengamatan (observasi) dan juga wawancara yang dilakukan oleh peneliti bahwa kecerdasan emosional dan kedisiplinan siswa SMP NU Karangdadap dapat dikatakan baik. Karena hal ini dibuktikan dengan keseharian siswa di sekolah antara lain, ketika ada salah satu murid yang sedang mengalami kesulitan kemudian siswa lainya membantu, saling tolong menolong. Mereka berteman tidak saling memilih baik itu cantik, pintar, kaya, miskin, semua berteman dan saling menjaga hubungan baik antara sesama teman. Kemudian jika ada perkelahian diantara siswa maka siswa lainnya yang melihat langsung melerai supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Selanjutnya Ketika ada siswa yang telat masuk sekolah siswa tersebut langsung melapor kepada guru piket, ketika siswa tersebut tidak masuk sekolah siswa lmemberikan surat keterangan dari orang tua atau dokter. Berdasarkan uraian diatas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana kecerdasan emosional siswa SMP NU Karangdadap Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan, (2) Bagaimana perilaku kedisiplinan siswa SMP NU Karangdadap Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan, (3) Bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku kedisiplinan siswa SMP NU Karangdadap Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitafif dengan jenis penelitian lapangan field research. Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena responden berjumlah 40 siswa diambil dari populasi yang berjumlah 400 dengan menggunakan dengan teknik proportionate stratified random sampling dan jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan metode angket, wawancara, dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan rumusan alisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini, Menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa SMP NU karangdadap kecamatan karangdadap kabupaten pekalongan termasuk dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan nilai rata-rata (mean) hasil angket tentang kecerdasan emosional sebesar 77,5%. Nilai mean tersebut termasuk dalam kategori baik karena berada pada interval 2000-2600. Perilaku kedisiplinan siswa SMP NU karangdadap kecamatan karangdadap kabupaten pekalongan termasuk dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata (mean) hasil angket tentang perilaku kedisiplinan siswa 77,5%. Nilai mean tersebut termasuk dalam kategori baik karena berada pada interval 2000-2600. Kecerdasan emosional mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku kedisiplinan siswa SMP NU karangdadap kecamatan karangdadap kabupaten pekalongan. Hal itu terbukti dengan hasil perhitungan Koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa pengaruh simultan atau bersama-sama antara variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y). Dari output diatas dapat diketahui bahwa koefisien determinasi sebesar 0,980. Maka berarti 0,980 x 100 = 98 %. Jadi, pengaruh antara kecerdasan emosional(X) terhadap kedisiplinan siswa SMP NU Karangdadap Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan (Y) adalah sebesar 98 %. Menunjukkan kriteria “sangat tinggi”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Perilaku Kedisiplinan Siswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nuzulul Nuzulul | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jun 2020 05:04 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jun 2020 05:04 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/755 |
Actions (login required)
View Item |