Pengaruh Media Pembelajaran APE Layar Pengenalan Angka (Lapengka) Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Pada Kelompok A TK Cepoko Legokclile Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan

Zahra, Sabrina Aulia (2024) Pengaruh Media Pembelajaran APE Layar Pengenalan Angka (Lapengka) Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Pada Kelompok A TK Cepoko Legokclile Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2420019_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (959kB)
[img] Text
2420019_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Anak usia dini disebut sebagai “usia emas” karena pertumbuhan dan perkembangan moral, agama, sosial, emosional, kognitif, dan bahasa yang pesat pada usia ini. Mengenal angka merupakan salah satu aspek perkembangan kognitif. Pengenalan konsep angka dan simbol angka sangat penting untuk dikuasai oleh anak, karena ini akan menjadi dasar untuk menguasai konsep matematika selanjutnya pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Permalnan APE Lapengka membantu anak belajar mengenal angka, dan anak berperan aktif dalam permainan ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) apakah ada pengaruh APE Lapengka terhadap kemampuan mengenal angka pada anak kelompok A di TK Cepoko Legokclille?, (2) bagaimana pengaruh APE Lapengka terhadap kemampuan mengenal angka pada anak kelompok A di TK Cepoko Legokclille? Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen (one group pretest-posttest design) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 responden. Uji hipotesis dengan uji Paired sample t-Test dengan bantuan SPSS 22. Dari hasil pretest dan posttest penelitian yang dilakukan yaitu melalui media pembelajaran APE Lapengka dapat mempengaruhi kemampuan mengenal angka kelompok A TK Cepoko Legokclile. Hasil ini sesuai uji Paired Sample t-Test yaitu diperoleh nilai 0,000 < 0,05. Maka Ha diterima, artinya ada pengaruh signifikan media pembelajaran APE Lapengka terhadap kemampuan mengenal angka.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIndrawati, TrianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media APE Lapengka, Kemampuan Mengenal Angka
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:07
Last Modified: 27 Jun 2024 08:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7567

Actions (login required)

View Item View Item