Pembelajaran mufradat melalui teknik bernyanyi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan

Widyasari, Chusna (2024) Pembelajaran mufradat melalui teknik bernyanyi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220035_BAB I & BAB V_Chusna Widyasari.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2220035_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab khususnya pembelajaran mufradat merupakan pembelajaran yang utama dan terpenting, karena mufradat merupakan tahap utama untuk ke tahap selanjutnya. Realitanya, pembelajaran mufradat bahasa Arab menjadi pelajaran yang kurang menyenangkan dan menyebabkan nilai akademik siswa yang selalu di nilai KKM atau bahkan di bawahnya, hal ini disebabkan penggunaan metode dan teknik guru yang masih biasa saja yang tidak membuat siswa tertarik. Hal ini sebagaimana terjadi di Madrasah Aliyah Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pembelajaran mufradat melalui teknik bernyanyi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan? 2) Apa kelebihan dan kekurangan pembelajaran mufradat melalui teknik bernyanyi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan pembelajaran mufradat melalui teknik bernyanyi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan 2) mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan pembelajaran mufradat melalui teknik bernyanyi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan Pembelajaran ini mencakup tujuan, materi, media, langkah-langkah pelaksanaan dan evaluasi. Tujuan pembelajaran mufradat adalah memahami dan memotivasi siswa untuk menghafal mufradat bahasa Arab serta menumbuhkan rasa suka siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab, bahwa pembelajaran bahasa Arab tidak membosankan dan tidak hanya itu-itu saja. Materi yang diajarkan adalah bab المدرسة tentang المفردات الادوات المدرسة ووسائل التدريس . langkah pembelajaran adalah dengan metode bernyanyi dengan gubahan lagu Thibbil Qulub. Media yang di gunakan adalah buku paket kelas X kemenag dan LCD proyektor. Adapun evaluasi dilakukan secara tertulis dan lisan.. Adapun kelebihan dari pembelajaran mufradat melalui teknik bernyanyi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan ialah minat siswa yang tinggi dan tidak membuat siswa mudah bosan, lebih menyenangkan saat pembelajaran, sebagai hiburan bagi siswa, dan nilai prestasi siswa meningkat. Adapun kekurangannya ialah takut mengganggu kelas sebelah, kurangnya persiapan dari guru dan salah tangkap siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasith, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Mufradat, teknik bernyanyi.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:53
Last Modified: 25 Mar 2024 03:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7617

Actions (login required)

View Item View Item