Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI dI SMK Negeri 2 Pekalongan

Susmita, Dwi Lestari (2024) Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI dI SMK Negeri 2 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover, BAB I BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

SMK Negeri 2 Pekalongan adalah sekolah kejuruan yang disukai di Kota Pekalongan dan memiliki hasil belajar yang baik dalam pendidikan agama Islam. Penelitian ini didorong oleh temuan ini. Setelah melakukan observasi, peneliti menemukan banyak variabel yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa di lokasi tersebut. Hasil belajar siswa juga dipengaruhi oleh motivasi mereka. Dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki motivasi belajar sedang tetapi hasil belajarnya tinggi. Ini menunjukkan bahwa siswa yang cerdas dengan motivasi belajar yang rendah tidak akan mencapai hasil belajar yang baik, dan begitu sebaliknya. Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis akan memaparkan rumusan masalah yaitu : bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam? apakah ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Pekalongan ?. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan menganalisis pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Pekalongan. Kegunaan penelitian ini yaitu diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi bagi para peneliti selanjutnya yang tertarik untuk mempelajari pendidikan dan sebagai panduan bagi mereka yang akan melalukan penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian non-ekperimen ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian kali menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Serta teknik analisis datanya menggunakan analisis uji instrumen, analisis deskriptif, analisis uji prasyarat data, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan rata-rata persentase dari indikator motivasi belajar sebesar 76,8%, menyatakan bahwa siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Pekalongan masuk dalam kategori sedang. Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa mempengaruhi hasil belajar mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 2 Pekalongan. Ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,539 yang bernilai positif dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,291 yang menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam sebesar 29,1%. Dengan nilai koefisien signifikan 0,000, yang berarti nilainya lebih kecil dari 0,05, ini menujukkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa, semakin baik hasil belajar mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRofiqotul, Aini2028078904UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:40
Last Modified: 30 Apr 2024 09:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7764

Actions (login required)

View Item View Item