Khasanah, Uswatun (2024) Pengembangan media pembelajaran video animasi pop-up book pada pembelajaran tematik kelas III SD Negeri 01 Klegen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2320087_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (7MB) |
|
Text
2320087_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Media termasuk komponen pembelajaran yang harus ada karena memiliki peran penting sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Salah satunya mempermudah pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik. Dengan adanya kemajuan teknologi ini dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran digital. Hal ini ditunjukkan dengan munculnya berbagai aplikasi atau platform pendidikan, serta media sosial yang mendukung pembelajaran digital seperti video animasi. Namun, kendala yang masih terjadi yaitu minimnya media pembelajaran tematik kelas III dan minimnya pemanfaatan sarana serta prasarana sekolah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk memberikan solusi dan inspirasi melalui pengembangan media pembelajaran video animasi pop-up book pada pembelajaran tematik kelas III SD Negeri 01 Klegen. Dengan berbagi proses pengembangan media pembelajaran video animasi pop-up book pada tematik kelas III SD Negeri 01 Klegen dan mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi pop-up book pada tematik kelas III SD Negeri 01 Klegen. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (research and development) serta model 3D meliputi Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Development (Pengembangan). Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, guru tematik kelas III, dan peserta didik kelas III SDN 01 Klegen. Teknik dan instrument pengumpulan data melalui wawancara dan angket. Uji kelayakan media yang dikembangkan melalui angket validasi oleh ahli media dan ahli materi serta angket respon guru tematik kelas III dan peserta didik kelas III SDN 01 Klegen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut: (1) hasil validasi oleh ahli media 98%, (2) hasil validasi oleh ahli materi 97%, (3) hasil respon guru tematik kelas III 96%, (4) hasil respon peserta didik kelas III 97%. Dengan hasil tersebut maka dapat dinyatakan bahwa pengembangan media pembelajaran video animasi pop-up book pada pembelajaran tematik kelas III SD Negeri 01 Klegen sangat layak sehingga media ini dapat diimplementasikan lebih lanjut sebagai alat bantu pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, video animasi pop-up book, pembelajaran tematik | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 28 Mar 2024 03:59 | ||||||||
Last Modified: | 02 Jul 2024 04:13 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7846 |
Actions (login required)
View Item |