Konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Bullying Di SMP N 04 Bantarbolang Kab.Pemalang

Indah Megahutami, Sisi (2024) Konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Bullying Di SMP N 04 Bantarbolang Kab.Pemalang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50222019_COVER_BAB I DAN BAB VII.pdf

Download (3MB)
[img] Text
50222019_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kurangnya pengawasan pendidik terhadap peserta didik membuat kericuhan dalam suatu lingkungan sekolah. Hal tersebut tejadinya kasus perundungan yang membuat banyak kerugian bagi korban dan nama baik sekolah, kasus Bullying diantaranya Bullying Verbal, Bullying Mental/Psikologis, Cyber Bullying sehingga perlu adanya cara untuk menghilangkan atau meminimalisir kasus Bullying tersebut. Cara untuk mengatasinya yaitu dengan menjalankan Konsep Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Konsep Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi Bullying di SMP N 04 Bantarbolang Kab. Pemalang?, 2) Apa saja perilaku Bullying peserta didik di SMP N 04 Bantarbolang Kab. Pemalang?, 3) Apa yang menjadi penyebab terjadinya Bullying di SMP N 04 Bantarbolang Kab. Pemalang?, Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Konsep Pendidikan Agama Islam, Perilaku perundungan dan penyebab terjadinya perundungan. Manfaat dari penelitian ini meliputi kontribusi signifikan dalam bidang pendidikan, memberikan solusi dalam penanganan kasus perundungan siswa, dan memberikan acuan bagi penelitian selanjutnya dalam mengatasi Bullying . Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif dan keabsahan data berupa triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Hubermain dan Saldana yang memiliki beberapa tahap, yakni: Kondensasi Data, Penyajian Data dan Penarikan Simpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Menurunnya karakter peserta didik yang kurang baik, 2) Menumbuhkan sikap memanusiakan manusia 3) menjadi peserta didik yang berilmu dan berbudi pekerti luhur.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSolehuddin, Moh. SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRohman, TaufiqurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan Agama Islam, Bullying, Perilaku Peserta Didik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:37
Last Modified: 01 Apr 2024 07:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7917

Actions (login required)

View Item View Item