Pengaruh kemampuan interaksi guru terhadap hasil belajar ujian akhir semester siswa kelas viii pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMP N 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes

Amin, M Zidan Nadzir (2024) Pengaruh kemampuan interaksi guru terhadap hasil belajar ujian akhir semester siswa kelas viii pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMP N 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120287_Cover_BAB I dan BAB V-2.pdf

Download (877kB)
[img] Text
2120287_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pada saat pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti, sering siswa tidak tertarik dengan apa yang disampaikan gurunya sehingga semangatnya dalam belajar turun yang ditandai dengan siswa berbicara dengan teman sebangkunya, tidak memperhatikan guru yang sedang menyampaikan pembelajaran karena terkesan monoton. Padahal banyak guru yang mengetahui bahwa konsentrasi siswa biasanya pada 30 menit pertama, jika penyampaian materi tidak menarik terlebih tidak adanya interaksi guru dengan siswa maka hal tersebut yang akan terjadi dalam pembelajaran. Supaya pembelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi lebih menarik, semangat belajarnya tinggi lagi yaitu dengan memperhatikan cara interaksi guru dengan siswanya sehingga pengalaman dan hasil belajar siswa akan baik. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana kemampuan interaksi guru pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VIII di SMP N 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes? 2. Bagaimana hasil belajar ujian akhir semester siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VIII di SMP N 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes? 3. Apakah terdapat pengaruh kemampuan interaksi guru terhadap hasil belajar ujian akhir semester siswa kelas VIII pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP N 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan interaksi guru pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VIII di SMP N 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes, mengetahui hasil belajar ujian akhir semester siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VIII di SMP N 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes, dan menganalisis adakah pengaruh kemampuan interaksi guru terhadap hasil belajar ujian akhir semester siswa kelas VIII pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP N 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampelnya ditentukan dengan menggunakan purposive sampling dan perhitungannya dengan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 185 siswa kelas VIII. Data penelitian ini diperoleh menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan interaksi guru PAI dan Budi Pekerti tergolong cukup baik yang dibuktikan dengan pengisian angket oleh siswa kelas VIII memperoleh presentase secara keseluruhan sebesar 74%. Hasil belajar siswa kelas VIII tergolong cukup baik dengan presentase keseluruhan nilai yang diperoleh sebesar 78%. Tidak terdapat pengaruh kemampuan interaksi guru terhadap hasil belajar ujian akhir semester siswa kelas VIII pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP N 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes. Namun terdapat hubungan antara variabel kemampuan interaksi guru dengan hasil belajar ujian akhir semester siswa kelas VIII pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP N 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes yang tidak signifikan, cukup dan searah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKusumawati, Putri Rahadian DyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Interaksi Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Hasil Belajar.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:18
Last Modified: 30 Apr 2024 08:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7920

Actions (login required)

View Item View Item