Selinawati, Selinawati (2019) Pengaruh kemampuan pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar bahasa jawa siswa kelas atas di SDN 10 Kebondalem Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Pengelolaan kelas penting karena dapat membuat siswa nyaman dan betah dalam proses kegiatan belajar. Dalam kegiatan pengelolaan kelas, menciptakan kondisi belajar yang nyaman dan menyenangkan, menerapkan model pembelajaran yang variatif serta menjadi guru yang dapat membangun komunikasi yang baik dengan siswa, hal itu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Rumusan Masalah berdasarkan latar belakang diatas adalah Bagaimana pengelolaan kelas di SDN 10 Kebondalem Kabupaten Pemalang? Bagaimana motivasi belajar bahasa jawa siswa kelas IV, V, VI SDN 10 Kebondalem Kabupaten Pemalang? Adakah pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar bahasa Jawa kelas IV,V, VI SDN 10 Kebondalem Kabupaten Pemalang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan kelas SDN 10 Kebondalem Kabupaten Pemalang terutama pada pembelajaran bahasa Jawa, untuk mengetahui motivasi belajar bahasa Jawa siswa kelas IV, V, VI SDN 10 Kebondalem Kabupaten Pemalang, untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar bahasa Jawa kelas IV, V, VI SDN 10 Kebondalem Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi siswa kelas IV, V, VI SDN 10 Kebondalem yang berjumlah 57 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tekhnik probability sampling. Kemudian digunakan metode Sampling Jenuh. Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, observasi. Sedangkan tekhnik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat diketahui bahwa pengelolaan kelas SDN 10 Kebondalem termasuk kategori baik, diperoleh rata-rata skor pengisian angket sebesar 64,22 terletak pada interval (63-68).Sedangkan motivasi belajar termasuk kategori cukup baik. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata hasil angket tentang motivasi belajar siswa kelas IV,V, VI SDN 10 Kebondalem, diperoleh rata-rata 65,66 terletak pada interval (64 – 69).Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar bahasa Jawa siswa kelas IV,V, VI SDN 10 Kebondalem Kabupaten Pemalang, yang ditunjukkan dengan t hitung 3,027 > t tabel 2,004 . Berdasarkan hasil dari koefisien determinasi, nilai adjust R square sebesar 0,143. Nilai tersebut menunjukkan bahwa pengaruh variabel Pengelolaan Kelas (X) terhadap Motivasi Belajar Bahasa Jawa (Y) sebesar 14,3 % dan sisanya 85,7 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jun 2020 06:31 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jan 2021 02:24 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/806 |
Actions (login required)
View Item |