Inayati, Evi Sofia (2019) Dampak sertifikasi guru pada kompetensi profesional guru di MSI 11 Nurul Islam Krapyak Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Kebijakan pendidikan yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dan kebudayaan juga perlu menjadi acuan para kepala sekolah yang menginginkan pencapaian keunggulan sekolah dan mewajibkan guru memiliki kualifikasi akademik, kompetensi dan sertifikat pendidik. Sertifikasi merupakan peluang untuk lebih meningkatkan kompetensi profesional dalam mengajar. Dengan adanya sertifikasi guru diharapkan guru dapat memperoleh keunggulan kompetitif dan dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sertifikasi guru di MSI 11 Nurul Islam Krapyak? Bagaimana kompetensi profesional guru di MSI 11 Nurul Islam Krapyak? Dan bagaimana dampak sertifikasi guru pada kompetensi profesional guru di MSI 11 Nurul Islam? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang menekankan analisisnya pada proses penyimpulan induktif serta pada analisis terdapat dinamika hubungan antar fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah. Objek pada penelitian ini adalah gurusertifikasi di MSI 11 Nurul Islam Krapyak kota Pekalongan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) sertifikasi guru di MSI 11 Nurul Islam ini tergolong cukup baik, dibuktikan bahwa guru sertifikasi telah memenuhi syara tmengikuti sertifikat pendidik. Walaupun masih ada beberapa guru yang belum mengikuti sertifikasi kepala sekolah turut memberikan masukan-masukan dan arahan kepada guru-guru agar lebih semangat dalam memenuhi persyaratan mengikuti sertifikasi guru. (2) kompetensi profesional guru di MSI 11 Nurul Islam tergolong cukup baik, karena memiliki kompetensi inti seperti menguasai materi struktur dan konsep keilmuan mata pelajaran, menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diasuh, mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif, mengembangkan profesional berkelanjutan melalui tindakan reflektif, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri (3) dampak sertifikasi guru pada kompetensi profesional guru tergolong positif, seperti penguasaan bahan pembelajaran membaik, kinerja guru semakin membaik, kesejahteraan guru meningkat serta memahami administrasi di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Sertifikasi Guru, Kompetensi, Profesional guru | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 19 Jun 2020 03:41 | ||||||||
Last Modified: | 19 Jun 2020 03:41 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/811 |
Actions (login required)
View Item |