Ain, Nala Qurrotal (2023) Kreativitas Guru Matematika dalam Memilih dan Mengembangkan Media Pembelajaran Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kelas I di MIS Jenggot 02 Pekalongan Selatan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2319082_NALA QURROTAL AIN BAB I-V.pdf Download (10MB) |
|
Text
2319082_NALA QURROTAL AIN FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Pelajaran matematika lebih dianggap sebagai materi yang bersifat hafalan yang berarti materi matematika bersifat warisan dan kurang mampu melatih peserta didik secara kritis dan kreatif. Kreatifitas guru ini diharapkan mampu secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir dan membekali peserta didik dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan Permasalahan yaitu: “(1) Bagaimana bentuk kreativitas guru matematika dalam memilih dan mengembangkan media pembelajaran implementasi kurikulum merdeka belajar kelas I di MIS Jenggot 02 Pekalongan Selatan? (2) Apa faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam proses pembelajaran matematika implementasi kurikulum merdeka belajar kelas I di MIS Jenggot 02 Pekalongan Selatan?”. Dengan Tujuan: “(1) Untuk mengetahui kreativitas guru matematika dalam memilih dan mengembangkan media pembelajaran implementasi kurikulum merdeka belajar kelas I di MIS Jenggot 02 Pekalongan Selatan. (2) Untuk mengetahui faktor- faktor yang menjadi pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam proses pembelajaran matematika implementasi kurikulum merdeka belajar kelas I di MIS Jenggot 02 Pekalongan Selatan.” Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian lapangan, penelitian ini digolongkan dalam jenis riset naratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) kreativitas guru dalam memilih dan mengembangkan media ajar implementasi kurikulum merdeka belajar yaitu sebelum dilaksanakannya proses pembelajaran perlu adanya persiapan yang dilakukan dengan menganalisis capaian pembelajaran, menyusun perangkat ajar, dan penilaian. Bentuk kreativitas yang dilakukan yaitu mengajak siswa untuk kreatif dalam bentuk eksplorasi. Penggunaan media stik es krim dalam pembelajaran matematika penjumlahan dan pengurangan memudahkan guru dalam memberikan cara kepada peserta didik untuk menghitung penjumlahan dan pengurangan. 2) Faktor yang mendukung dari kreativitas guru dalam memilih dan mengembangkan media ajar implementasi kurikulum merdeka belajar diantaranya dengan menggunakan alat peraga mempermudah dalam pembelajaran dan siswa lebih antusias. Sedangkan faktor penghambatnya diantaranya adalah keterbatasan sarana dan prasarana dan tingkat pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kretivitas Guru, Pembelajaran Matematika, Pemilihan dan Pengembangan Media Pembelajaran, dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 25 Apr 2024 02:38 | ||||||||
Last Modified: | 25 Apr 2024 02:38 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8144 |
Actions (login required)
View Item |