Penerapan strategi make a match dalam mata pelajaran fiqih materi menyebutkan rukun islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas I B MI Ma’arif NU An-Nur Bebel Kecamatan Wonokerto

Indayati, Sri (2019) Penerapan strategi make a match dalam mata pelajaran fiqih materi menyebutkan rukun islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas I B MI Ma’arif NU An-Nur Bebel Kecamatan Wonokerto. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Mata pelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang mempelajari tentang fiqih ibadah, terutama menyangkut pengenalan dan pemahaman tentang cara-cara pelaksanaan rukun Islam dan pembiasaannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun kenyataan menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satunya adalah ketidaktepatan guru dalam penggunaan strategi pembelajaran. Pada saat proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah, jadi terkesan monoton dan tidak variatif, dan kegiatan pembelajaran hanya berorientasi pada guru, sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran yang berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar hasil belajar siswa pada kondisi pra siklus, dan seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih materi menyebutkan rukun Islam melalui strategi pembelajaran Make a Match di kelas I B MI Ma’arif NU An-Nur Bebel Kecamatan Wonokerto. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kondisi pra siklus, dan mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih materi menyebutkan rukun Islam melalui strategi pembelajaran Make a Match di kelas I B MI Ma’arif NU An-Nur Bebel Kecamatan Wonokerto. Manfaat penelitian ini yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa, menciptakan suasana belajar menyenangkan, dan menggali kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran di kelas. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action researth). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan strategi Make A Macth hasil belajar siswa sangat rendah, nilai rata-rata siswa 53,85 dengan ketuntasan klasikal 23,08%. Setelah diadakan pembelajaran dengan strategi Make A Macth pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat 14,23 yaitu menjadi 68,08 dengan ketuntasan klasikal 53,85 %. Pada pembelajaran dengan strategi Make A Macth pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat 18,84 yaitu menjadi 86,92 dengan ketuntasan klasikal 96,15 %. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih materi menyebutkan rukun Islam di kelas I B MI Ma’arif NU An-Nur Bebel Kecamatan Wonokerto.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatikhah, FatikhahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Make a Match, Hasil Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 22 Jun 2020 02:52
Last Modified: 14 Jan 2021 02:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/824

Actions (login required)

View Item View Item