Wahidah, Nur (2023) Analisis Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMP N 1 Kesesi. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119278_NUR WAHIDAH BAB I-V.pdf Download (6MB) |
|
Text
2119278_NUR WAHIDAH FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sering ditemukannya permasalahan dalam kegiatan proses belajar mengajar yaitu kurangnya aktivitas peserta didik pada saat mengikuti pembelajaran di kelas. Dalam hal ini peserta didik hanya bertindak sebagai pendengar sehingga peserta didik menjadi pasif. Guru masih menjadi pemeran utama dalam kegiatan pembelajaran. Namun dalam hal ini, salah satu guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) di SMP N 1 Kesesi memiliki variasi model pembelajaran yang menjadikan peserta didik ikut serta berperan aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PAIBP adalah model kooperatif tipe snowball throwing. Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu: Bagaimana Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMP N 1 Kesesi? Bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat dari Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMP N 1 Kesesi? Tujuan penelitian ini dilakukan agar pembaca mengetahui terkait implementasi dari model pembelajaran snowball throwing mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari SMP N 1 Kesesi data sekunder seperti jurnal dan referensi buku. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing yang diterapkan dalam pembelajaran PAIBP di kelas VIII SMP N 1 Kesesi merupakan model pembelajaran yang efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas. Model pembelajaran yang dilakukan dengan perencanaan yang matang, pelaksanaan yang sesuai prosedur, dan adanya evaluasi memberikan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan aktif. Adapun faktor pendukung dari implementasi model snowball throwing adalah kompetensi guru, motivasi belajar peserta didik, media dan metode pembelajaran, sedangkan faktor penghambatnya adalah kondisi peserta didik, manajemen waktu, kurangnya sumber informasi atau kurangnya referensi mengenai bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Snowball Throwing, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 22 May 2024 06:28 | ||||||||
Last Modified: | 22 May 2024 06:29 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8371 |
Actions (login required)
View Item |