Pengaruh Variasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 3 Pekalongan

Kurniawati, Dewi Nurlita (2015) Pengaruh Variasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 3 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111036 DEWI NURLITA KURNIAWATI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (6MB)
[img] Text
2021111036 DEWI NURLITA KURNIAWATI BAB I - V DAN LAMP FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Pekalongan yang peneliti amati ketika Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dari bulan agustus sampai september 2014, dirasa kurang bervariasi dalam penggunaan metode dan media pembelajarannya, akan tetapi penguasaan materi pembelajarannya cukup baik. Setelah diterapkannya kurikulum 2013, guru Pendidikan Agama Islam tersebut sedikit demi sedikit mulai melakukan variasi pembelajaran dan hal ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, di mana ketika guru melakukan variasi gaya mengajar, variasi media dan bahan ajar,variasi interaksi dan variasi metode mengajar maka pembelajaran akan lebih menyenangkan. Permasalahan yang peneliti rumuskan adalah bagaimana variasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 3 Pekalongan, bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 3 Pekalongan, dan bagaimana pengaruh variasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap basil belajar siswa SMP Negeri 3 Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan yang telah dirumuskan. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah untuk dapat memberikan acuan kepada para guru Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya di SMP Negeri 3 Pekalongan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menciptakan pembelajaran yang berkualitas melalui variasi pernbelajaran. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research) karena peneliti terjun langsung ke lokasi yang dijadikan objek penelitian yaitu SMP Negeri 3 Pekalongan. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah angket, dokurnentasi, observasi, dan wawancara. Jenis analisis datanya adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian yang berjudul "Pengaruh Variasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 3 Pekalongan," menunjukkan bahwa variasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 3 Pekalongan yang memiliki rata-rata 70 termasuk dalam kategori cukup, karena pada nilai 70 terletak pada interval nilai 69-70. Sedangkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang berupa nilai rapor semester ganjil tahun ajaran 2014-2015 siswa SMP Negeri 3 Pekalongan memiliki rata-rata 83. Hal ini termasuk dalam kategori baik, karena pada nilai 83 terletak pada interval nilai 82• 84. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 3 Pekalongan berada pada taraf yang optimal. Maka, dapat VJ 11 disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara variasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Pekalongan. Dari hasil perhitungan didapat ta= 0,031, pada tingkat signifikan 1% nilai tae = 2,704, maka ta < ta»et, 0,031 < 2,704 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap basil belajar siswa SMP Negeri 3 Pekalongan. Sedangkan pada tingkat signifikan 5% nilai taa = 2,021, maka t%as < tease, 0,031 < 2,021 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signi:fikan antara variasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Pekalongan. Maka hipotesis yang peneiiti ajukan yaitu Ha ditolak dan Ho diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFachrullah, FachrullahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: variasi pembalajaran dan hasil belajar siswa.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:10
Last Modified: 03 Jul 2024 07:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8383

Actions (login required)

View Item View Item