Persepsi Orang Tua Berpendidikan Rendah Terhadap Kelangsungan Pendidikan Anak Di Pasirsari Kelurahan Pasirkratonkramat Kota Pekalongan

Daningsih, Nur (2015) Persepsi Orang Tua Berpendidikan Rendah Terhadap Kelangsungan Pendidikan Anak Di Pasirsari Kelurahan Pasirkratonkramat Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111046 NUR DANINGSIH BAB I, V, LAMP_1.PDF

Download (9MB)
[img] Text
2021111046 NUR DANINGSIH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan penting bagi manusia. Pendidikan diberikan kepada anak dari buaian sampai akhir hayat. Anak merupakan titipan Tuhan Yang Maha Kuasa untuk dididik orang tuanya menjadi pribadi manusia yang baik dan bermanfaat di lingkungannya. Di Pasirsari yang sebagian besar warga adalah lulusan pendidikan dasar (SD-SMP) dengan mempunyai mata pencabarian sebagai buruh jahit dan buruh batik. Hal ini dapat mempengaruhi persepsi orang tua terhadap pendidikan anaknya. Permasalahan dalam skripsi ini meliputi: Bagaimana pendidikan orang tua di Pasirsari kelurahan Pasirkratonkramat kota Pekalongan, Bagaimana pendidikan anak yang mempunyai orang tua berpendidikan rendah di Pasirsari kelurahan Pasirkratonkramat kota Pekalongan dan Bagaimana persepsi orang tua berpendidikan rendah terhadap kelangsungan pendidikan anak di Pasirsari kelurahan Pasirkratonkramat kota Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan orang tua di Pasirsari kelurahan Pasirkratonkramat kota Pekalongan, untuk mengetahui pendidikan anak yang mempunyai orang tua berpendidikan rendah di Pasirsari kelurahan Pasirkratonkramat kota Pekalongan dan untuk mengetahui persepsi orang tua berpendidikan rendah terhadap kelangsungan pendidikan anak di Pasirsari kelurahan Pasirkratonkramat kota Pekalongan. Kegunaan penelitian ini secara teoritis yaitu dapat dijadikan pedoman dalam menyampaikan materi atau pengajaran Pendidikan Agama Islam, Memberikan wawasan kepada dunia pendidikan khususnya di bidang pendidikan agama Islam, terkait pendidikan anak dan Memberikan kritik terhadap orang tua yang masih beranggapan bahwa pendidikan anaknya itu kurang penting. Kegunaan secara praktis yaitu bagi penulis; dapat memberikan pemahaman baru mengenai wawasan tentang pendidikan anak dan bagi orang tua; dapat menjadi bahan masukan mengenai pendidikan anak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitannya yakni pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif model interaktif yang diperkenalkan oleh Miles dan Huberman, yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pendidikan orang tua di Pasirsari kelurahan Pasirkratonkramat kota Pekalongan adalah mayoritas berpendidikan rendah atau dasar. Hanya beberapa orang saja yang dapat menamatkan pendidikan sampai jenjang menengah atas. Pendidikan anak yang mempunyai orang tua berpendidikan rendah di Pasirsari kelurahan Pasirkratonkramat kota Pekalongan sudah baik dan bagus. Anak dapat bersekolah sampai ke jenjang menengah atas bahkan ada yang sedang kuliah. Persepsi orang tua berpendidikan rendah terhadap kelangsungan pendidikan anak di Pasirsari kelurahan Pasirkratonkramat kota Pekalongan sudah baik, walaupun ada orang tua yang memberikan persepsi negatif terhadap pendidikan anaknya, mereka banyak juga yang mempunyai persepsi positif yaitu orang tua akan melanjutkan pendidikan anak ✓ Vlll sam pai ke jenjang tinggi, minimal sampai sekolah menengah atas sesuai dengan kemauan dari anak sendiri. Orang tua mendukung bahwa pendidikan anak di zam an sekarang sangat penting. Pendidikan tersebut bisa menjadi bekal bagi anak untuk lebih baik nasibnya daripada orang tuanya. Anak bersekolah sampai ke jenjang pendidikan tinggi dapat memberikan pengalaman berharga terutam a bagi anak. Dengan pendidikan anak bisa mendapatkan pekerjaan yang mapan dan baik agar kelak bisa mencukupi kehidupannya sendiri. Dan dengan pendidikan anak dapat mewujudkan cita-citanya sesuai yang dikehendaki. Apabila anak mempunyai kehidupan yang mapan, nantinya orang tua menjadi bangga dan bahagia, melihat anakn ya bisa sejahtera

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi,Pendidikan Orang Tua, Pendidikan Anak dan Kelangsungan Pendidikan Anak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:15
Last Modified: 03 Jul 2024 07:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8385

Actions (login required)

View Item View Item