Pramadani, Libiya Dwi Wirna (2024) Implementasi pendidikan karakter melalui program 5s (senyum, salam, sapa, sopan, santun) di MTsN 2 Brebes kecamatan Brebes kabupaten Brebes. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Cover_Bab I dan Bab VII.pdf Download (859kB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter melalui program 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) di MTS N 2 Brebes Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes yang meliputi (1) pemahaman guru tentang hakikat pendidikan karakter, (2) kegiatan program 5S, (3) nilai-nilai yang terkandung dalam program 5S, (4) Faktor pendukung, faktor penghambat dan upaya untuk mengatasi faktor penghambat program 5S. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pengampu ekstrakurikuler, guru kelas dan siswa kelas 7, 8, dan 9 MTS N 2 Brebes Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumen. Proses analisis data terdiri dari kondensasi data, menyajikan data dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi sumber dan Teknik dan waktu. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa MTS N 2 Brebes kecamatan Brebes Kabupten Brebes melaksanakan pendidikan karakter melalui program 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun). (1) guru telah memahami hakikat pendidikan karakter. (2) kegiatan dari program 5S dilaksanakan dalam program pengembangan diri yang meliputi kegiatan rutin sekolah, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian, program 5S juga dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran dan ekstrakurikuler. (3) nilai-nilai yang ada dalam program 5S adalah nilai toleransi, peduli sosial, dan cinta damai. (4) faktor pendukung dari program 5S adalah adanya guru, lingkungan sekolah, dan materi pelajaran yang mendukung, faktor penghambatnya adalah adanya peserta didik yang berperilaku tidak tertib dan susah untuk diatur, upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat adalah dengan menegur ataupun memberi nasihat kepada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | pendidikan karakter, 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan santun) | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Jun 2024 04:42 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Jun 2024 04:42 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8423 |
Actions (login required)
View Item |