Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas Vii Di Mts Ymi Wonopringgo Kabupaten Pekalongan

Zahro’nia, Farah (2024) Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas Vii Di Mts Ymi Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120244_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2120244_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena pada umumnya dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode pembelajaran yang tidak bervariasi dan peserta didik menjadi pasif. Padahal metode pembelajaran merupakan salah satu faktor keberhasilan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu, masalah yang sering dihadapi dalam penerapan metode pembelajaran ini adalah kurang tertariknya peserta didik dalam mengikuti pembelajaran fikih karena tingkat pemahaman dan penguasaan materi peserta didik yang kurang maksimal. Sehingga kemampuan siswa dalam berpikir kritis tidak dikembangkan dengan baik. Padahal kemampuan berpikir kritis ini sangat diperlukan pada era globalisasi saat ini. Dari alasan tersebut maka peneliti tertarik memilih judul penelitian ini karena kemampuan berpikir kritis pada peserta didik dapat dibentuk melalui kegiatan pembelajaran salah satunya dengan menerapakan metode pembelajaran diskusi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode diskusi pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan dan apakah terdapat pengaruh penerapan metode diskusi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan terkait penerapan metode diskusi pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan dan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh penerapan metode diskusi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik simple random sampling dan perhitungan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel 39 responden. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode diskusi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fikih Kelas VII di MTs YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05. Sedangkan berdasarkan nilai t hitung diperoleh sebesar 5,582 dengan t tabel sebesar 2,027. Maka t hitung (5,582) > t tabel (2,027). Kemudian, berdasarkan uji koefisien determinasi atau R square menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi berpengaruh sebesar 45,7% sedangkan sisanya 54,3% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyadi, Mokh. ImronUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, Berpikir Kritis
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:18
Last Modified: 10 Jun 2024 07:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8426

Actions (login required)

View Item View Item