Fatimatuzzahroh, Fatimatuzzahroh (2024) Pengembangan Permainan Tradisional Engklek dan Implementasinya Pada Pembelajaran Kosa kata Bahasa Arab di Kelas VIII MTs Wahid Hasyim Warungasem. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
Text
2220054_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2220054_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penggunaan metode dan media yang kurang bervariasi pada pembelajaran kosakata bahasa Arab menjadikan peserta didik terkadang merasa jenuh, peserta didik kurang aktif saat pembelajaran, dan sebagian mendapatkan nilai ulangan tengah semester kurang dari KKM (Kriteria ketuntasan minimum). Sehingga pengembangan media permainan tradisional engklek Mihnatunaa dapat dijadikan salah satu solusi untuk memudahkan dan menghadirkan suasana yang menyenangkan bagi peserta didik pada pembelajaran kosakata bahasa Arab. Rumusan masalah penelitian ini diantaranya: 1) Bagaimana pengembangan permainan tradisional engklek pada pembelajaran kosakata bahasa Arab? 2) Bagaimana kelayakan permainan tradisional engklek pada pembelajaran kosakata bahasa Arab? 3) Bagaimana implementasi permainan tradisional engklek pada pembelajaran kosakata bahasa Arab di kelas VIII MTs Wahid Hasyim Warungasem? 4) Apa kelebihan dan kekurangan permainan tradisional engklek pada pembelajaran kosakata bahasa Arab di kelas VIII MTs Wahid Hasyim Warungasem? Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian R & D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) terdiri dari lima tahap yaitu : analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran kosakata bahasa Arab berupa permainan tradisional engklek Mihnatunaa, yang didesain menggunakan aplikasi Canva Pro. Data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Permainan Tradisional Engklek Mihnatunaa yang telah dikembangkan memiliki beberapa komponen dalam satu kemasan diantaranya papan permainan, pion pemain, dan buku panduan. Pada uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan presentase kelayakan sebesar 89 % (kategori sangat layak) dan penilaian dari ahli materi sebesar 98% (kategori sangat layak). Maka diperoleh presentase rata-rata dari para ahli sebesar 94 % dengan kategori sangat layak. Selain itu, mendapatkan presentase dari respon peserta didik sebesar 86% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data hasil penilaian yang diperoleh dari para ahli dan peserta didik, dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional engklek Mihnatunaa layak digunakan sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kosakata bahasa Arab, Permainan Engklek | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 06 Nov 2024 04:26 | ||||||||
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:26 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8430 |
Actions (login required)
View Item |