Implementasi corporate social responsibility dalam perspektif etika bisnis islam (studi kasus di PT. Pisma Putra Textile Kabupaten Pekalongan).

Anwar, Khairul (2019) Implementasi corporate social responsibility dalam perspektif etika bisnis islam (studi kasus di PT. Pisma Putra Textile Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen dampak terhadap pemangku seluruh kepentingannya. CSR sebuah perusahaan berkenaan dengan etika bisnis. Disini terdapat tanggung jawab moral perusahaan baik terhadap karyawan perusahaan maupun masyarakat disekitar perusahaan. Oleh karena itu berkaitan pula dengan moralitas, yaitu sebagai standar bagi individu atau sekelompok mengenai benar dan salah, baik dan buruk. Sebab etika merupakan tata cara yang menguji standar moral seseorang atau standar moral masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi CSR perusahaan PT Pisma Putra Textile Kabupaten Pekalongan serta untuk menganalisis implementasi CSR tersebut dalam perspektif etika bisnis Islam. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan dan menganalisis permasalahan yang dikemukakan. Penelitian kualitatif didasarkan pada data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui buku-buku yang berkaitan dengan penelitian. Dengan mengunakan metode uji keabsahan data yang kemudian di analisis menggunakan teknik triangulasi untuk mencari hasil kesimpulan penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwaImplementasi Corporate Social Responsibility yang dilakukan PT.Pisma Putra Textile kabupaten Pekalongan secara umum lebih mengarah kepada bantuan sosial seperti pembagian sembako dan sarung setiap hari raya idul fitri, santunan anak yatim piatu setiap bulan ramadhan, pembagian daging atau hewan qurban setiap hari raya idul adha, donor darah, dan bantuan sosial lain yang sifatnya insendental seperti bantuan untuk korban banjir dan bencana alam yang lainnya. Secara umum implementasi CSR PT Pisma Putra Textile sudah sesuai dengan nilai-nilai etika bisnis Islam hanya saja untuk implementasinya masih tergolong kecil dan belum bisa dikatakan mensejahterakan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyukron, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Etika Bisnis Islam, CSR dalam Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 22 Jun 2020 06:48
Last Modified: 22 Jun 2020 06:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/846

Actions (login required)

View Item View Item