Analisis Kualitas Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Matematika Pada Penilaian Akhir Semester (PAS) Semester Gasal Tahun Ajaran 2023/2024 Kelas V MI di Kecamatan Bojong Pekalongan

Lestari, Oliviana Familiya (2024) Analisis Kualitas Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Matematika Pada Penilaian Akhir Semester (PAS) Semester Gasal Tahun Ajaran 2023/2024 Kelas V MI di Kecamatan Bojong Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2320010_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (12MB)
[img] Text
2320010_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Hal yang melatarbelakangi penelitian ini terjadi pada guru kelas yang tidak menganalisis kualitas butir soal yang telah diujikan kepada peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, sering kali ditemukan beberapa butir soal yang terlalu sulit ataupun terlalu mudah. Dapat dibuktikan dari wawancara guru kelas V MI di Kecamatan Bojong Pekalongan yang hanya melakukan analisis secara kualitatif saja yaitu terkait kesesuaian materi, terlebihnya tidak dilakukan analisis secara kuantitatif (validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan fungsi pengecoh). Untuk menganalisis soal pilihan ganda dalam penelitian ini, menggunakan teori tes klasik dengan menggunakan jawaban dari peserta didik sebagai sumber informasinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas soal yang meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan fungsi pengecoh pada butir soal pilihan ganda mapel matematika pada Penilaian Akhir Semester (PAS) semester gasal tahun ajaran 2023/2024 kelas V MI Di Kecamatan Bojong Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas soal yang meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan fungsi pengecoh pada butir soal pilihan ganda mapel matematika pada Penilaian Akhir Semester (PAS) semester gasal tahun ajaran 2023/2024 kelas V MI Di Kecamatan Bojong Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan, jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah menunjukkan bahwa kualitas butir soal pilihan ganda mapel matematika pada Penilaian Akhir Semester (PAS) semester gasal tahun ajaran 2023/2024 kelas V MI di Kecamatan Bojong Pekalongan dari 20 butir soal pilihan ganda, ditinjau dari segi (1) validitas soal menunjukkan sebanyak 17 butir soal (85%) yang termasuk dalam soal valid, dan butir soal yang tidak valid sebanyak 3 butir soal (15%). (2) reliabilitas soal menunjukkan soal PAS pilihan ganda tersebut memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi yakni sebesar 0,710. (3) tingkat kesukaran menunjukkan sebanyak 3 butir soal (15%) yang termasuk dalam soal sukar, 16 butir soal (80%) termasuk dalam soal sedang, dan sebanyak 1 butir soal (5%) termasuk soal mudah. (4) daya pembeda menunjukkan sebanyak 12 butir soal (60%) memiliki daya pembeda baik sekali, 4 butir soal (20%) memiliki daya pembeda baik, 3 butir soal (15%) memiliki daya pembeda cukup, dan 1 butir soal (5%) yang memiliki daya pembeda jelek. (5) fungsi pengecoh menunjukkan sebanyak 6 butir soal (30%) berkategori sangat baik, 8 butir soal (40%) berkategori baik, 2 butir soal (10%) berkategori kurang baik, 4 butir (20%) berkategori buruk.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, JuwitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: analisis butir soal, validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan fungsi pengecoh
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 20 Jun 2024 07:51
Last Modified: 15 Jul 2024 07:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8484

Actions (login required)

View Item View Item