Pengembangan Bahan Ajar Arab Pegon Dengan Pendekatan Taujih, Taqlid, Tadrib Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al Qur’an Dan Kitab Kuning Di MI Salafiyah Jenggot 01 Pekalongan

Nahdliyin, Choirun (2024) Pengembangan Bahan Ajar Arab Pegon Dengan Pendekatan Taujih, Taqlid, Tadrib Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al Qur’an Dan Kitab Kuning Di MI Salafiyah Jenggot 01 Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi banyak para siswa merasa kesulitan mempelajari dan memahami penulisan huruf hijaiyah dan arab pegon, hal ini dikarenakan tidak adanya keseragaman para guru dalam penyampaian pembelajaran Baca Tulis Qur’an dan murod/memaknai kitab kuning dikarenakan tidak adanya perumusan tata cara penulisan huruf arab/pegon yang baku untuk didijadikan sebagai pedoman. Hal tersebut berdampak banyak siswa yang tidak bisa membaca tulisannya sendiri apalagi membaca tulisan hijaiyah dan arab pegon milik orang lain. Rumusan masalah pada penelitian ini meliputi: “Bagaimana pengembangan Bahan Ajar Arab Pegon berbasis metode Taujih, Taqlid, Tadrib dalam meiningkatkan Baca Tulis Al Qur’an dan Kitab Kuning siswa?”, dan “Bagaimana efektivitas pengembangan Bahan Ajar Arab Pegon berbasis metode Taujih, Taqlid, Tadrib?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Bahan Ajar Arab Pegon berbasis metode Taujih, Taqlid, Tadrib dalam meiningkatkan Baca Tulis Al Qur’an dan Kitab Kuning siswa, kemudian mengembangkan Bahan Ajar Arab Pegon berbasis metode Taujih, Taqlid, Tadrib, serta menganalisis efektivitasnya. Sehingga produk yang dihasilkan dapat menjadi salah satu sumber referensi dalam pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis Al Qur’an dan Kitab Kuning dengan efektif efisien, dimana teknik tersebut secara langsung dapat meningkatkan kompetensi siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Responden penelitian yaitu siswa kelas VIB MI Salafiyah Jenggot 01 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data meliputi analisis butir angket kebutuhan guru dan siswa, uji validitas produk oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, serta uji efektivitas produk dengan rumus N-Gain Score. Hasil penelitian ini yaitu pengembangan Bahan Ajar Arab Pegon berbasis metode Taujih, Taqlid, Tadrib dalam meningkatkan Baca Tulis Al Qur’an dan Kitab Kuning mendapat dukungan baik dan respon positif dari guru dan siswa dalam peningkatan pembelajaran mulok diniyah. Hasil posttest yang menunjukkan peningkatan nilai yang signifikan, dengan rentang nilai dari 68 hingga 98, rata-rata sekitar 82,09, dan deviasi standar sebesar 7,502 dan hasil N-Gain skore 0,50 yang mengartikan bahwa Bahan Ajar Arab Pegon ini efektif digunakan. Serta dapat disimpulkan juga bahwa pengembangan Bahan Ajar Arab Pegon berbasis metode Taujih, Taqlid, Tadrib dalam meningkatkan Baca Tulis Al Qur’an dan Kitab Kuning siswa Mi Salafiyah Jenggot 01 Pekalongan terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al Qur’an dan Kitab Kuning Siswa MI Salafiyah Jenggot 01.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade Dede197101151998031005UNSPECIFIED
Thesis advisorRohman, Taufiqur198210012202311016UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Membaca, menulis, arab pegon, Al Qur’an, kitab kuning
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 29 Jun 2024 04:33
Last Modified: 26 Oct 2024 05:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8500

Actions (login required)

View Item View Item